Jokowi ke Pemilik Mal: Sepatu Buccheri Saya Cuma Rp 415 Ribu

Reza Gunadha | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi ke Pemilik Mal: Sepatu Buccheri Saya Cuma Rp 415 Ribu
Jokowi. (Suara.com/Novian)

"Jadi sekali kagi, tolong kita mulai kecintaan kita terhadap produk kita sendiri terhadap produk dalam negeri."

Suara.com - Presiden Jokowi meminta para pemilik mal untuk memberikan ruang-ruang strategis kepada merek-merek lokal memasarkan produknya.

Hal ini dikatakan Jokowi saat menghadiri acara Hari Belanja Diskon Indonesia di Senayan City Jakarta, Kamis (15/8/2019).

"Saya titip pada pemilik mal. Saya tahu banyak yang hadir. Tolong ruang-ruang yang strategis, berikan kepada merek-merek lokal," ujar Jokowi.

Jokowi tak ingin para pemilik mal memberikan ruang atau gerainya hanya kepada penjual-penjual barang luar negeri.

"Kita tahu pasar indonesia ini besar sekali. Jangan sampai pasar yang besar ini dikuasai oleh merek-merek luar. Jangan sampai. Saya titip ini. Tugas bapak ibu sekalian adalah mengisi pasar-pasar yang ada, sehingga barang luar mau masuk sudah penuh. Siap? Siap?" kata dia.

Tak hanya itu, mantan Wali Kota Solo itu menuturkan pemilik mal seharusnya membantu pemerintah dalam mengatasi tingginya pertumbuhan impor, di tengah perang dagang Amerika Serikat – China. Hal tersebut agar barang impor tidak membanjiri Indonesia.

"Pasar besar seperti ini kok dibiarkan kosong, diisi orang lain, jangan dong. Saya titip, pasar dalam negeri jangan sampai ada yang kosong sehingga produk luar mengisi. Hati-hati ini," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengaku senang banyak produk lokal yang sudah mulai ekspor. Ia juga berpesan agar masyarakat mulai memiliki kecintaan terhadap produk dalam negeri.

"Jadi sekali kagi, tolong kita mulai kecintaan kita terhadap produk kita sendiri terhadap produk dalam negeri. Apa sih, masalah baju? Desainer kita jago-jago. Barang kita di Vietnam laku keras, kemasan bagus desain bagus," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, ia lebih menyukai menggunakan produk dalam negeri dibanding produk luar negeri.

"Sepatu kalau saya yang resmi biasanya pakai Buccheri (brand lokal), betul. Harga bagaimana, dipakai enak. Dipakai lari ringan. Harga Rp 415 ribu. Saya enggak tahu, tapi setelah saya pakai jadi Rp 800 ribu," tuturnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS