Sensasi Wisata Berkuda di Bendungan Batujai Sambil Berswafoto

Chandra Iswinarno
Sensasi Wisata Berkuda di Bendungan Batujai Sambil Berswafoto
Wisata Pacuan Kuda di Batujai Lombok Tengah. [TIMES Indonesia]

Berbasis obyek wisata desa, wisata berkuda ini menawarkan pengunjung untuk bisa menikmati Bendungan Batujai sambil merasakan sensasi menunggang kuda.

Suara.com - Mendengar kata wisata berkuda, nampaknya terbayangkan jika hal itu hanya ada di kota-kota besar. Namun wisata berkuda tersebut kini bisa dinikmati di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang menariknya ditemui di Bentungan Batujai.

Meski tergolong baru, wisata berkuda yang dirintis Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Merwegati Dusun Ketangge Daye, Desa Batujai, Kabupaten Lombok Tengah, kini mulai diminati. Berbasis obyek wisata desa, wisata berkuda ini menawarkan pengunjung untuk bisa menikmati Bendungan Batujai sambil merasakan sensasi menunggang kuda.

Ketua Pokdarwis Merwegati Dusun Ketangge Daye, Fahrurrozi mengakui peminat wisata berkuda di wilayahnya ini, ternyata tidak hanya diminati masyarakat lokal saja, namun hingga wisatawan luar daerah.

"Alhamdulillah, kalau tamu atau pengunjungnya setiap hari selalu ada. Mulai dari masyarakat sekitar lombok NTB, ada yang dari kalangan pemerintahan, bahkan ada dari luar daerah juga seperti Bali, Jawa dan daerah lainnya," ujarnya kepada Times Indonesia-jaringan Suara.com, baru-baru ini.

Dikemukakan Fahrurrozi, untuk mengenalkan wisata yang dirintisnya, hanya bermodal promosi dari mulut ke mulut dan melalui media sosial seperti facebook dan Instagram.

"Sejauh ini promosi hanya dilakukan dari mulut ke mulut dan media sosial saja," ungkapnya.

Meski begitu, Fahrurrozi mengemukakan untuk pemula yang belum mahir menunggang kuda, nantinya akan dipandu sepanjang perjalanan oleh para pemandu yang sudah terlatih dan paham tentang kuda.

Namun sebelum itu, pengunjung harus melakukan pemesanan terlebih dahulu agar bisa disiapkan jenis kuda yang diinginkan. Saat ini, pokdarwis menyediakan enam ekor kuda jenis lokal yang sudah jinak dan terlatih.

"Kudanya sudah kita lengkapi dengan pelana dan dijamin aman, karena pemandunya sudah terlatih," kata Fahrurrozi menggaransi.

Untuk setiap pengunjung yang ingin menunggangi kuda lokal tersebut dikenakan tarif Rp 50 ribu per orang dengan rute mengelilingi Bendungan Batujai.

"Tarifnya sudah sekalian sama selfi juga," katanya.

Lebih jauh, ia berharap wisata berkuda ini bisa membantu perekonomian warga dan bisa menjadi ikon pariwisata NTB khususnya Lombok tengah.

"Semoga dari wisata berkuda ini, masyarakat bisa lebih sejahtera," katanya.

Sementara itu, Rudi salah satu pengunjung dari Pemenang Lombok Utara mengapresiasi wisata berkuda di Bendungan Batujai, Lombok Tengah tersebut. Menurutnya, selain unik dan terbilang baru, juga sangat baik untuk mendukung kemajuan pariwisata NTB.

"Ini sangat bagus, apalagi pelayanannya sangat baik dan pemandunya ramah- ramah," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS