Jaringan di Jayapura Lumpuh, Pandji Ingat Ucapan Jokowi soal Keputusan Gila

Reza Gunadha | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Jaringan di Jayapura Lumpuh, Pandji Ingat Ucapan Jokowi soal Keputusan Gila
Sejumlah mahasiswa Papua yang tergabung dalam Komite Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme Dan Militerisme melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/8). [Suara.com/Arya Manggala]

Pandji kebingungan mencari cara menghubungi temannya di Papua.

Suara.com - Pelawak tunggal Pandji Pragiwaksono menyoroti kembali ucapan Preisden Jokowi pasca-pengumuman pemenang Pilpres 2019.

Tanpa terang-terangan menyebut nama Jokowi, ucapan tersebut diunggah Pandji berbarengan dengan cuitannya soal jaringan di Kota Jayapura, Papua, yang sedang lumpuh.

Karena akses telekomuniasi di Jayapura, termasuk internet, telepon, dan SMS, diputus, Pandji mengatakan dirinya kebingungan mencari cara untuk menghubungi temannya di sana.

"Internet di Papua diblokir, akses telepon dan SMS diputus di Jayapura. Mau cek keselamatan teman jadi bingung mesti bagaimana," kicau @pandji, Jumat (30/8/2019).

Ia kemudian mengaitkan kejadian ini dengan ucapan Jokowi dua bulan lalu, setelah memenangkan lagi ajang pilpres, dan akan meneruskan jabatannya sebagai presiden untuk periode kedua.

Cuitan Pandji Pragiwaksono - (Twitter/@pandji)
Cuitan Pandji Pragiwaksono - (Twitter/@pandji)

Menurut Pandji, kalau dihubungkan dengan situasi negara saat ini, makna ucapan Jokowi itu terasa berbeda.

"Kemudian gue inget pernyataan beliau ini, yang dengan konteks kekinian kok maknanya terasa berbeda," tambahnya.

Pernyataan Jokowi itu disampaikan pada Minggu (16/6/2019) saat menghadiri halal bihalal dengan Aktivis 98 di Jakarta.

Jokowi kala itu mengatakan, nanti, begitu dilantik kembali sebagai presiden, ia akan melaksanakan pemerintahan lima tahun ke depan tanpa terhambat beban apa pun.

"Saya dalam lima tahun ke depan Insyaallah sudah tidak memiliki beban apa-apa. Jadi keputusan yang gila, keputusan-keputusan yang miring-miring, yang itu penting untuk negara ini, akan kita kerjakan. Jadi saya tidak memiliki beban apa-apa," tutur Jokowi.

Meski begitu, Pandji tak secara gamblang mengutarakan pendapatnya tentang hubungan antara situasi di Papua dengan ucapan Jokowi itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS