Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Bandara Internasional Sepinggan Telah Dijual ke Asing?

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Benarkah Bandara Internasional Sepinggan Telah Dijual ke Asing?
Ilustrasi bandara (Shutterstock)

Dalam unggahan di Facebook itu, Bandara Internasional Sepinggan di Balikpapan telah dijual ke asing sejak 2017 lalu

Suara.com - Pemerintah Indonesia telah resmi memutuskan akan memindah Ibu Kota ke Kalimantan. Keputusan itu memantik sejumlah isu atau kabar di media sosial yang sayangnya belum pasti kebenarannya. Salah satunya adalah postingan yang menyebut Bandara Internasional Sepinggan di Kalimantan Timur telah dijual ke pihak asing sejak 2017. Benarkah?

Informasi soal Bandara Sepinggan itu ditulis oleh akun Facebook bernama Andi Ridwan Palu. Dalam unggahannya akun tersebut menulis:

“Dijual Diam Diam Mungkin kita tadak banyak yg tahu, bahwa Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur telah dijual dgn asing tahun 2017 lalu. Bandara yg dibangun 4 lantai dari uang APBN tahun anggaran 2012 – 2013 oleh zaman Pemerintahan SBY, dan dijual kepada asing oleh Pemerintah Jokowi.”

Bandara Sepinggan di Kalimantan Timur dikabarkan telah dijual ke asing. (Foto: Bidik layar Facebook / via Turnbackhoax.id)
Bandara Sepinggan di Kalimantan Timur dikabarkan telah dijual ke asing. (Foto: Bidik layar Facebook / via Turnbackhoax.id)

Arsip postingan lengkapnya bisa dicek di sini.

Penjelasan:

Dari penelusuran Turnbackhoax.id, Bandara Internasional Sepinggan masih dikelola oleh perusahaan BUMN, yakni PT Angkasa Pura I.
Menurut situs resminya, PT Angkasa Pura I diberi wewenang untuk mengelola bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia.
Bandara Internasional Sepinggan dicantumkan sebagai salah satu dari 13 bandara yang sedang dikelola PT Angkasa Pura I. Daftar 13 bandara tersebut bisa dilihat di situs resmi PT Angkasa Pura.

Saat ini, Angkasa Pura Airports mengelola 13 (tiga belas) bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia, yaitu:

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai – Denpasar
2. Bandara Juanda – Surabaya
3. Bandara Sultan Hasanuddin – Makassar
4. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan – Balikpapan
5. Bandara Frans Kaisiepo – Biak
6. Bandara Sam Ratulangi – Manado
7. Bandara Syamsudin Noor – Banjarmasin
8. Bandara Ahmad Yani – Semarang
9. Bandara Adisutjipto – Yogyakarta
10. Bandara Adi Soemarmo – Surakarta
11. Bandara Internasional Lombok – Lombok Tengah
12. Bandara Pattimura – Ambon
13. Bandara El Tari – Kupang

PT Angkasa Pura I mengkonfirmasi di dalam laporan keuangannya yang terkini — tertanggal 31 Maret 2019 — bahwa perusahaan itu mengelola Bandara Internasional Sepinggan.

PT Angkasa Pura I (Persero) sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sahamnya 100% dimiliki oleh Negara Republik Indonesia.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS