Dipanggil Komisi III DPR Pekan Depan, 10 Capim KPK Diminta Buat Makalah

Dwi Bowo Raharjo | Novian Ardiansyah
Dipanggil Komisi III DPR Pekan Depan, 10 Capim KPK Diminta Buat Makalah
Anggota Komisi III, Arsul Sani. (Suara.com/Ria Rizki)

Sebelum memanggil 10 Capim KPK, Komisi III akan memanggil Pansel.

Suara.com - Komisi III DPR RI akan menjadwalkan pemanggilan terhadap 10 calon pimpinan KPK yang namanya telah disetorkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemanggilan itu baru dilakukan setelah Komisi III memanggil Pansel Capim KPK lebih dahulu pada pekan depan.

Anggota Komisi III Arsul Sani mengatakan pemanggilan terhadap Pansel dilakukan guna meminta penjelasan komprehensif ihwal proses seleksi capim yang telah mengerucut menjadi 10 nama.

"Pertama dengan Komisi III mengundang pansel KPK ke Komisi III untuk memberikan penjelasan yang komprehensif tentang proses seleksi sampai pada 10 nama itu. Itu dulu" ujar Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Politikus PPP itu menuturkan, 10 capim yang akan dipanggil oleh Komisi III akan diminta untuk membuat makalah dengan topik yang berbeda antarcapim.

"Yang kedua kemudian capim yang 10 itu kita undang untuk embuat makalah. Ada topik-topik yang nanti akan diundi," kata dia.

"Tentu topiknya baik yang dengan pemahaman-pemahaman atas tipikor, hukum acaranya, maupun konsep-konsep pencegahan ke depan. Nah saya enggak boleh bocorin temanya apa, umumnya aja seperti itu," Arsul menambahkan.

Lebih lanjut, nantinya Komisi III juga akan mengundang elemen masyarakat sipil yang ingin memberikan masukan terkait 10 capim KPK.

"Jadi prinsipnya adalah teman-teman elemen masyarakat sipil yang ingin memberikan masukan dan kemudian nanti diundang RDPU dengan Komisi III hari Selasa itu, paling lambat hari Senin siang sudah harus mengajukan permohonan tetulis dan disertai juga masukan-masukannya itu apa," tandas Arsul.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS