Romo Magnis Bangga Habibie Pernah Tawarkan Timor Timur Lepas dari Indonesia

Pebriansyah Ariefana | Novian Ardiansyah
Romo Magnis Bangga Habibie Pernah Tawarkan Timor Timur Lepas dari Indonesia
Presiden Indonesia BJ Habibie bersama istrinya, Hasri Ainun melambai kepada wartawan di luar gedung Parlemen di Jakarta 01 Oktober 1999.[Foto/AFP]

Habibie berhasil bawa Indonesia ke masa transisi.

Suara.com - Romo Franz Magnis Suseno mengaku bahwa Presiden ke-3 BJ Habibie menjadi salah satu orang yang paking berkesan yang ia kenal. Ia bahkan merasa bersyukur telah kenal dan menjalin hubungan baik secara langsumg dengan Habibie.

Atas kepergian Habibie, Romo Franz turut mengucapkan duka dengan melayat langsung ke kediaman Habibie di Patra, Jakarta Selatan hari ini.

"Bagi saya, Habibie adalah salah satu orang paling penting, paling mengesankan, paling mengesankan yang pernah saya temukan dalam hidup saya, saya bersyukur bahwa bisa diajak beliau bangun hubungan pribadi. Saya berpendapat bahwa Indonesia sangat untung bahwa Pak Habibie lah yang sesudah Pak Soeharto mengundurkan diri menjadi presiden Republik Indonesia," kata Romk Franz, Kamis (12/9/2019).

Romo Franz kemuduian menceritakan bagaimana ia melihat gaya kepemimpinan Habibie kala masih menjabat sebagai presiden. Habibie disebut Romo Franz berhasil membawa Indonesia ke jalur yang tepat usai mengalami krisis pada masa-masa reformasi.

"Pak Habibie itu yang menempatkan Indonesia dalam situasi yang gawat dan terancam dan berbahaya ke jalur yang tepat, membuka Indonesia bagi demokrasi, juga membuka pintu rumah tahanan tahanan politik, memungkinkan hak asasi manusia mendapat kedudukan yang kuat. Dan yang saya anggap sangat penting, beliau punya keberanian untuk menawarkan kepada Timor Timur, yang sudah lebih 20 tahun diduduki menyatakan pendapat mereka dan Indonesia merelakan mereka mencapai kemerdekaan," tutur Romi Franz.

Romo Franz juga mengaju jika dirinya mengagumi sikap kenegarawanan Habibie yang rela mundur secara baik dari kursi presiden.

"Saya juga kagum dengan cara kesatria dan elegan Pak Habibie mengundurkan diri dari kedudukan sebagai presiden sesudah MPR tidak menerima laporannya. Ia memberi contoh bagus bagaimana seseorang menangaani kekuasaan. Supaya sekarang bertemu dengan istri terkasih Bu Ainun dan berada dalam kedamaian dan kegembiraan Tuhan," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS