Masih di Yogyakarta, Menag Akan Pimpin Pembacaan Doa di Pemakaman Habibie

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Masih di Yogyakarta, Menag Akan Pimpin Pembacaan Doa di Pemakaman Habibie
Gaya khas BJ Habibie. (Instagram/@b.jhabibie)

Pemakaman militer ini akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Suara.com - Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) pukul 13.30 WIB. Pembacaan doa akan dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Namun Lukman dikabarkan masih berada di daerah Yogyakarta. Hal itu disampaikan protokoler Kementerian Agama, Muhamad Aleq Faruqi. Aleq menyebut Lukman akan segera menuju ke Jakarta siang ini.

Meskipun masih di luar kota, Lukman masih dijadwalkan menjadi pembaca doa. Aleq mengatakan Lukman akan tiba tepat waktu.

"Nanti landing di (Bandara) Halim. Ke sini (TMP Kalibata) nanti naik motor mungkin biar cepat," ujar dia di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Aleq menuturkan, saat proses pemakaman sudah dimulai namun Lukman belum tiba akan digantikan dengan orang lain.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Mohamad Nur Kholis disebut akan menggantikan Lukman di pemakaman mantan Wakil Presiden era Presiden Soeharto itu.

Jenazah Habibie akan diberangkatkan dari rumah duka di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, lokasi makam Habibie berada disebelah istrinya, Ainun Habibie. Pemakaman militer ini akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden ke-3 RI, BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke 83. Habibie wafat di ruang CICU, Paviliun Kartika RSPAD Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Menurut Putra Kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, ayahnya meninggal pukul 18.05 WIB. Ia menyebut penyebabnya adalah faktor usia.

"Saya harus menyampaikan ini, bahwa Ayah saya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS