Partai Ini Terang-Terangan Dukung Irjen Firli Saat Uji Kelaikan Capim KPK

Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
Partai Ini Terang-Terangan Dukung Irjen Firli Saat Uji Kelaikan Capim KPK
Kapolda Sumatera Selatan Inspektur Jenderal Firli usai mengikuti tes uji kompetensi capim KPK, Kamis (18/7/2019). (Suara.com/Welly Hidayat)

Dukungan itu dinyatakan PPP, PKB dan PAN saat fit and proper test berlangsung di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Suara.com - Tiga Fraksi di Komisi III DPR secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) Irjen Firli Bahuri.

Dukungan itu dinyatakan PPP, PKB dan PAN saat fit and proper test berlangsung di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Awalnya, setelah Firli selesai menyampaikan visi dan misinya, pimpinan rapat melanjutkan ke sesi tanya jawab.

Saat sesi tanya jawab, PKB dan PPP melontarkan pertanyaan yang diakhiri dengan dukungan secara tidak langsung kepada Firli untuk menjadi pimpinan KPK.

"Insyaallah, kalau jawabannya sebagus makalahnya, masa kita enggak ikut mendukung," kata Politikus PPP Arsul Sani saat Firli menjalani fit and proper test di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Dari Fraksi PKB, Anwar Rachman menyatakan akan mendukung Firli jika berkomitmen untuk memperbaiki konflik internal KPK.

"Baik konflik antara pimpinan, pegawai, antarpegawai dan pimpinan. Ini Pak Firli harus bisa menyelesaikan? Kalau enggak sanggup, kami tidak akan mendukung Bapak untuk jadi pimpinan KPK," ucap Anwar.

Selain itu, anggota Komisi III dari Fraksi PAN Wa Ode Nurhayati menyatakan dukungan kepada Firli jika bisa menjawab pertanyaan tentang pasal di UU Tipikor.

"Saya Pak Firli, dari PAN, satu suara buat Bapak," tegas Nurhayati.

Untuk diketahui, hari ini kelima capim KPK tengah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, Kamis (12/9/2019) hari ini.

Kelima orang tersebut adalah Alexander Marwata, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri dan Roby Arya.

Sementara kelima capim lainnya yakni Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron dan I Nyoman Wara sudah menjalani fit and proper test pada Rabu (11/9/2019) kemarin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS