Smart SIM Bisa Rekam Kelakuan Pengendara Hingga Berfungsi Seperti Kartu ATM

Iwan Supriyatna | Yosea Arga Pramudita
Smart SIM Bisa Rekam Kelakuan Pengendara Hingga Berfungsi Seperti Kartu ATM
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). (Foto: www.polri.go.id)

Ada tiga item penting yang menjadi keunggulan dari Smart SIM.

Suara.com - Korps Lalu Lintas Polri menggelar HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 di Gedung Basket Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9/2019). Pada kesempatan tersebut, Korlantas juga meluncurkan smart SIM.

Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri mengatakan, ada tiga item penting yang menjadi keunggulan dari Smart SIM. Pertama, polisi dapat mencatat perilaku pengemudi.

"Ketika pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas, itu tercatat pada chip kartu SIM itu dan juga tercatat pada server kita," ujar Refdi di lokasi.

Selanjutnya, kata Refdi, polisi dapat mengetahui data-data pengemudi. Tak hanya itu, pengemudi dapat menggunakan Smart SIM sebagai uang elektronik.

Baca Juga: Jarang Terjadi: Ingin Ikut Ujian SIM A Lagi Karena Mobil Tesnya Keren

"Kemudian lebih jauh juga kita bisa mengetahui berkaitan dengan data-data pengemudi yang berkaitan dengan uang elektronik akan dilakukan uji coba bagaimana yang di berikan support oleh BI dan mitra kita BNI, BRI dan Mandiri dan mudah-mudahaan pada saatnya nanti bisa kita semua lakukan dengan baik," sambungnya.

Lebih jauh, Refdi menyebut jika adanya Smart SIM, polisi akan lebih mudah melakukan penindakan hukum di lapangan. Nantinya, pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi dapat terdeteksi oleh pihak kepolisian.

"Memudahkan juga untuk kita mengidentifikasi pelanggaran sekalipun orang-orang yang mengemudikan kendaraan belum memiliki SIM nanti kita akan ambil sidik jarinya, akan terkoneksi dengan kita," ujar Refdi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS