Suruh Putrinya Ikut Tikam Wiranto, Abu Rara Terancam Pidana Berat

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Suruh Putrinya Ikut Tikam Wiranto, Abu Rara Terancam Pidana Berat
Wiranto ditusuk - (Instagram/@suryoprabowo2011)

"Kepada terduga Abu Rara ini nanti akan dikenakan sanksi pidana yang jauh lebih berat. Tambahan sepertiga hukuman sesuai UU Tahun 2016..."

Suara.com - Selain istrinya, Fitria Andriana, Syahrial Alamsyah alias Abu Rara ikut menyuruh anak putrinya berinisial R saat melakukan aksi penusukan kepada Menkopolhukam Wiranto di Pandeglang, Banten, beberapa waktu lalu. Saat merancang aksinya, Abu Rara membekali anaknya senjata tajam.

Namun, sang anak urung melakukan perbuatan orang tuanya karena takut. Oleh karena itu, Abu Rara hanya berduet dengan Fitria saat menyerang Wiranto dengan menggunakan kunai.

"Tapi anaknya mengurungkan niatnya karena anaknya tidak berani. Yang berani itu adalah Abu Rara sendiri dan istrinya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kamis (17/10/2019).

Menurut Dedi, kekinian senjata yang dipakai untuk menikam Wiranto sedang diperiksa di Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri untuk ditelisik dengan sampel DNA Abu Rara.

"Dua pisau yang digunakan abu Rara dan istrinya saat ini lagi diperiksa di labfor untuk memastikan sampel DNA-nya," katanya. 

Akibat menyertakan sang anak dalam aksinya, Abu Rara terancam akan dijatuhi sanksi lebih berat. Hukuman terhadap Abu Rata akan ditambah sepertiga dari hukuman yang dijatuhkan.

"Kepada terduga Abu Rara ini nanti akan dikenakan sanksi pidana yang jauh lebih berat. Tambahan sepertiga hukuman sesuai UU Tahun  2016, karena apa karena dia memerintahkan mempengaruhi angka di bawah umur untuk melakukan serangan atau aksi terorisme," imbuh Dedi.

Diketahui, peristiwa penusukan itu terjadi sesuai Wiranto menghadiri peresmian Gedung Kuliah Bersama di Universitas Mathla’ul Anwar, Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019). Penusukan terhadap Wiranto teradi di Alun-Alun Menes, Pandeglang.

Akibat aksi penyerangan itu, Wiranto disebut mengalami dua luka tusukan di bagian perut sebelah kiri dan hingga kini masih menjalani perawatan ke RSUD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Dalam kasus penusukan ini, polisi telah meringkus Syaril Alamsyah alias Abu Rara dan istrinya, Fitria Andriana. Polisi juga menyebut jika Abu Janda terpapar paham radikal karena teridentifikasi sebagai anggota teroris JAD.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS