Prabowo - Jokowi Kini Satu Gerbong, JK: Tak Ada Kawan dan Lawan Abadi

Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
Prabowo - Jokowi Kini Satu Gerbong, JK: Tak Ada Kawan dan Lawan Abadi
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10). [ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay]

Jusuf Kalla mencontohkan, hal sama seperti Prabowo - Jokowi pernah dialami oleh Golkar dan PPP usai Pilpres 2014

Suara.com - Prabowo Subianto resmi dilantik menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019). Hal itu menandakan dimulainya dua sosok yang sebelumnya menjadi rival justru saat ini telah bersatu dalam satu gerbong di pemerintahan.

Meskipun keduanya sempat menjadi rival di Pilpres 2019, namun menurut Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla (JK) hal tersebut bukanlah sesuatu yang baru.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa di dalam dunia politik itu tidak ada istilah kawan atau lawan yang abadi. Dengan demikian apa yang terjadi ketika Pilpres 2019 yang memisahkan Jokowi dan Prabowo dalam dua kubu berbeda, namun jutru saat ini telah berbalik.

"Politik itu tidak ada kawan dan lawan abadi. Apa yang terjadi bulan April yang lalu berbeda dengan Oktober, ini kondisinya. Bisa saja," kata JK di kediamannya di Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

JK mencontohkan, kondisi seperti Jokowi dan Prabowo saat ini pernah terjadi kala Partai Golkar dan PPP yang awalnya berada di pihak oposisi di Pilpres 2014. Namun, kedua partai tersebut akhirnya bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

"2014, Golkar, PPP berlawanan dengan kita, tapi setelah itu bergabung. Jadi itu hal yang biasa lah," katanya.

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi menjabat sebagai Menteri Pertahanan di dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Penunjukan Prabowo masuk dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 disampaikan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Bersama Wapres Maruf Amin, Jokowi hari ini resmi mengumumkan 38 nama pejabat menteri dan setingkat menteri di kabinet pemerintahan yang diberi nama Kabinet Indonesia Maju.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS