Liputan Khas

Terima 4 Penghargaan Ketenagakerjaan, Pemprov DKI Lanjutkan Terobosan

Fabiola Febrinastri
Terima 4 Penghargaan Ketenagakerjaan, Pemprov  DKI Lanjutkan Terobosan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima empat Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2019, di Jakarta. (Sumber : Pemprov DKI)

Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Suara.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri, menyerahkan empat Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2019 kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada 14 Oktober 2019.

Penghargaan diterima Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sejumlah gubernur dari daerah lain pun datang dalam acara tersebut.

Adapun keempat penghargaan yang diterima Pemprov DKI adalah;
1. Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Kedua berdasarkan intensitas dan beban kerja urusan Pemerintah Daerah Bidang Ketenagakerjaan Kategori Sedang;

2. Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Penduduk dan Tenaga Kerja;

3. Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Kesempatan Kerja; dan

4. Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Jaminan Sosial Tenaga Kerja.
Pada kesempatan itu, Hanif mengatakan, penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang dinilai mampu mengelola tenaga kerjanya.

"Indeks Ketenagakerjaan adalah alat ukur menilai kesuksesan kepemimpinan di daerah, bagaimana pimpinan daerah menyediakan lapangan kerja dan mengelola para tenaga kerja," tandasnya.

Di tempat yang sama, Anies menjelaskan, penghargaan yang diraih Pemprov DKI Jakarta tak lepas dari kerja seluruh jajaran, khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta, yang membuat terobosan-terobosan, sehingga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran, khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang telah bekerja keras membuat terobosan dan mencapai semua indikator utama dalam penghargaan ini," ujarnya.

Sebelum penghargaan tersebut diterima, Kepala Disnakertrans DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, pihaknya akan berupaya makin memudahkan akses informasi ketenagakerjaan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Untuk itu, saat ini sedang dilakukan pengembangan laman web disnakertrans.jakarta.go.id

Disnakertrans berharap, layanan ini akan menginformasikan seluas-luasnya tentang ketenagakerjaan, terutama informasi lowongan kerja dan pendaftaran pelatihan kerja.

"Pertama, terkait pelatihan kerja, kemudian ada informasi soal bursa kerja hingga pekerjaan yang memang menjadi favorit. Kami juga berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan terkait kebutuhan tenaga kerja," ujarnya.

Andri menjelaskan, warga yang ingin mendaftar pelatihan bisa mendapat informasi secara lengkap di laman ini. Selain menginformasikan kegiatan dan program Disnakertrans DKI Jakarta, laman ini juga menampung pengaduan masyarakat dan terkoneksi dengan laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS