Siang Ini Presiden Jokowi Bakal Beri Gelar Pahlawan Nasional ke Enam Tokoh

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Siang Ini Presiden Jokowi Bakal Beri Gelar Pahlawan Nasional ke Enam Tokoh
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) dan Wakil Ketua Fadel Muhammad (kanan) usai upacara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

Pemberian gelar bakal digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2019) pukul 13.30 WIB.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini dijadwalkan akan memberikan penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional tahun 2019. Pemberian gelar bakal digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2019) pukul 13.30 WIB.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi akan memberikan Gelar Pahlawan nasional kepada enam tokoh.

"Iya betul (Presiden akan beri penganugerahan) jam 13.30 WIB untuk 6 orang," ujar Heru saat dikonfirmasi Suara.com, Jumat (8/11/2019).

Secara terpisah, Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Negara Jimly Asshiddiqie mengatakan ada enam tokoh akan mendapat gelar pahlawan.

Enam tokoh tersebut yakni tiga orang merupakan anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Kemudian satu orang merupakan tokoh perempuan jurnalisme dan pendidikan, satu sultan yang provinsinya belum ada pahlawan dan satu dokter yang berjasa di dunia pendidikan.

"(Salah satunya) sultan dari provinsi yang belum ada pahlawan, sebagai satu satunya penentang Belanda di kesultanan daerahnya yang karena politic adu domba oleh Belanda selalu berpihak ke Belanda kecuali dia, sehingga dipaksa turun tahta, tapi kemudian berhasil kembali jadi sultan. Satu lagi tokoh dokter yang sangat berjasa di dunia pendidikan," kata dia.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi pada tahun 2018 memberikan gelar pahlawan kepada enam tokoh.

Mereka yang mendapat gelar pahlawan diantaranya Abdurrahman Baswedan, IR H Pangeran Mohammad Noor, Agung Hajjah Andi Depu, Depati Amir, Kasman Singodimedjo, dan Brigjen KH Syam'un.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS