Deretan Foto 2 Pendiri Negara Tandai Peringatan 60 Tahun Indonesia-Vietnam

Bangun Santoso | Stephanus Aranditio
Deretan Foto 2 Pendiri Negara Tandai Peringatan 60 Tahun Indonesia-Vietnam
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat melihat pameran foto pertemuan Soekarno dengan Presiden Vietnam Ho Chi Minh di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Jumat (8/11/2019). (Suara.com/Stephanus Aranditio)

Dalam pameran itu diperlihatkan foto-foto pertemuan antara Soekarno dengan Presiden Ho Chi Minh saat berkunjung ke Indonesia

Suara.com - Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri sebagai anak kandung Presiden Pertama RI Soekarno mendukung pameran arsip nasional dalam memperingati 60 tahun kunjungan Presiden Ho Chi Minh ke Indonesia dan kunjungan Presiden Soekarno ke Vietnam.

Pameran itu dibuka dibuka oleh Menlu RI Retno Marsudi mewakili Megawati dan Wamenlu Vietnam Bui Thanh Son di Gedung Arsip Nasional, Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Jumat (8/11/2019) pagi.

Sejumlah pejabat negara juga turut hadir dalam acara ini seperti Menpan-RB Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menlu Retno Marsudi, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Duta Arsip Nasional Rieke Diah Pitaloka, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Menteri Retno Marsudi menjelaskan, bahwa pertukaran kunjungan antara kedua tokoh itu punya makna fundamentan yang mendasari persahabatan antara kedua negara yang berlangsung hingga saat ini.

"Persahabatan tak bisa dibangun dalam satu malam saja. Dalam konteks ini, persahabatan pendiri negara kita Bung Karno dan Presiden Vietnam Bapak Ho Chi Minh punya arti strategis," kata Menlu Retno di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Barat, Jumat (8/11/2019).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pertemuan Soekarno dan Ho Chi Minh pada saat itu memelopori sebuah gerakan di dalam mewujudkan tata dunia baru yang berkeadilan, damai, dan tidak ada penjajahan antarbangsa.

"Keduanya menunjukkan bagaimana semangat persahabatan yang sejati dibangun diantara kedua pemimpin. Dan hasilnya kita hadir sebagai bangsa yang disegani di dunia dan punya prinsip-prinsip sebagai negara yang berdaulat," kata Hasto, Jumat (8/11/2019).

Sementara itu, Wamenlu Vietnam Bui Thanh Son menyatakan, apresiasi serta penghargaan yang tinggi atas kehangatan Indonesia terhadap Vietnam. Menurut dia, Indonesia selalu berada di sisi Vietnam dalam memperjuangkan kemerdekaannya sejak awal.

"Bung Karno memainkan peran penting dalam mempromosikan kemerdekaan di negara Asia dan Afrika, termasuk Vietnam, lain melalui semangat Konferensi Asia - Afrika 1955. Semangat konferensi itu yang mendorong Paman Ho dalam mendorong kemerdekaan Vietnam," kata Bui Thanh Son.

Diketahui, Presiden Ho Chi Minh dan Presiden Sukarno merupakan dua pemimpin yang meletakkan fondasi untuk hubungan persahabatan antara Vietnam dan Indonesia.

Pada 27 Februari 1959, Presiden Ho Chi Minh untuk pertama kalinya melakukan kunjungan kerja selama 10 hari di Indonesia, tiga bulan setelah itu, Presiden Sukarno melakukan kunjungan di Vietnam.

Dalam pameran ini, beberapa foto dan benda bersejarah momen-momen pertemuan Soekarno dan Ho Chi Minh di tampilkan di Gedung Arsip Nasional yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS