Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Viral Foto Novel Baswedan Pakai Lensa Kontak, Hoaks!

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
CEK FAKTA: Viral Foto Novel Baswedan Pakai Lensa Kontak, Hoaks!
Bidikan layar unggahan mengenai Novel Baswedan. (Twitter/@TurahNyinyir)

Dalam narasi unggahan tertulis, "Seluruh Indonesia kena tipu. Manusia Kadang Kelupaan..Itu Shoflens kadang dipasang kiri, kadang di kanan...".

Suara.com - Unggahan foto penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan memakai soflens atau lensa kontak beredar di media sosial.

Jejaring Twitter bernama Lambe Turah yang menggunakan akun @TurahNyinyir, membagikan kolase dua buah foto Novel Baswedan, pada Kamis (7/10/2019) pukul 06.19 WIB.

Dalam unggahannya, akun tersebut menuliskan narasi, "Seluruh Indonesia kena tipu. Manusia Kadang Kelupaan..Itu Shoflens kadang dipasang kiri, kadang di kanan. Maaf cuma mengingatkan aja pak #SeluruhIndonesiaKenaTipu,".

Meski kekinian telah dihapus, postingan itu sempat mendapat 71 retweet dan 153 like.

Lantas, benarkah unggahan tersebut adalah foto Novel Baswedan memakai soflens?

Penjelasan

Dari hasil penulusuran Turnbackhoax.id, jaringan kolaborasi Cekfakta.com, gambar Novel Baswedan memakai soflens dan tekadang salah pasang adalah hasil rekayasa atau suntingan.

Foto pertama, memperlihatkan selaput putih pada mata kanan Novel Baswedan. Foto tersebut diambil situs Liputan6.com pada rubrik foto berjudul “Penyidik senior KPK Novel Baswedan saat berada di gedung KPK, Jakarta, Kamis (22/2)" dan dimuat pada 19 Maret 2018. Namun oleh akun Lambe Turah, foto tersebut dibalik posisinya.

Foto asli Novel Baswedan dari laman Liputan6.com (kiri) dan foto hasil suntingan yang diubah akun Twitter @TurahNyinyir (kanan)
Foto asli Novel Baswedan dari laman Liputan6.com (kiri) dan foto hasil suntingan yang diubah akun Twitter @TurahNyinyir (kanan)

Sementara itu, foto kedua yang menunjukkan selaput putih di mata kiri Novel Baswedan merupakan potongan gambar dari video bertajuk "Kasus Novel Baswedan, Tim Advokasi Kirim Surat ke Presiden" yang diunggah kanal YouTube Kompas Tv. Video itu dibagikan pada 18 Oktober 2019.

Bidikan layar gambar Novel Baswedan. (YouTube/Kompas Tv)
Bidikan layar gambar Novel Baswedan. (YouTube/Kompas Tv)

Kesimpulan

Foto Novel Baswedan memakai soflens yang terkadang salah pasang tidak benar. Foto tersebut sengaja dimanipulasi untuk menipu. Dengan demikian, postingan sumber masuk ke dalam kategori False Connection atau Koneksi yang Salah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS