Ancol Siapkan Rp 50 Miliar Bangun Masjid Apung di Jakarta

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Ancol Siapkan Rp 50 Miliar Bangun Masjid Apung di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Jusuf Kalla melakukan ground breaking atau pemancangan tiang masjid apung di pinggir Pantai Ria Ancol, Jakarta Utara. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Anies mengatakan hingga saat ini masjid apung tersebut belum memiliki nama.

Suara.com - PT Pembangunan Jaya Tbk (Ancol) membangun masjid di lokasi yang menjorok ke laut atau masjid apung. Biaya pembangunan masjid raya di pinggir Taman Ria Ancol ini bakal menghabiskan Rp 50 miliar.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, mengatakan pembagunannya ini meliputi berbagai aspek yang menggunakan teknologi modern. Seluruh biaya itu juga ditanggung pihak Ancol.

"Semua (biaya) dari Ancol, sekitar Rp 50 miliar," ujar Sahir di kawasan Ancol, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11/2019).

Sahir mengatakan masjid yang terapung di pinggir laut ini adalah yang pertama di Jakarta. Bahan bangunannya akan menggunakan stainless atau besi.

“Untuk tidak panas, nantinya di dalam kami akan pasang kayu-kayu sehingga angin bisa masuk,” jelas Sahir.

Meski di atas laut, Sahir menyebut limbah masjid tidak ada yang dibuang ke perairan. Bahkan, kata Sahir, semua limbahnya akan didaurulang.

"Nanti kita buat penampungan untuk penyiraman, kemudian untuk waste yang lain kita recycle. Jadi tidak ada yang terbuang di laut, semua recycle," jelasnya.

Penjelasan Sahir itu diutarakan saat acara peresmian groundbreaking atau pencangan tiang sebagai tanda dimulainya pembangunan.

Sementara Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan meski pembangunan segera dimulai, namun masjid ini belum memiliki nama.

"Nanti dipikir dulu namanya. Nanti kita akan muncul dengan nama. Pada saat ini belum. Nanti kita akan beri nama yg akan memberikan pesan," pungkasnya.

Perlu diketahui, proses pembangunan Masjid Apung Ancol ditargetkan rampung satu tahun mulai dari pelaksanaan pemancangannya (groundbreaking). Nantinya area masjid memiliki luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang jemaah.

Bangunan akan berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun islam serta jumlah waktu shalat wajib dalam satu hari. Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur'an. Pada sisi luar masjid akan terdapat enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS