Mengenal Seluk Beluk Sosialisme lewat Karya Bernard Crick

Arsito Hidayatullah | Husna Rahmayunita
Mengenal Seluk Beluk Sosialisme lewat Karya Bernard Crick
Buku Sosialisme Konsep dan Cara Berpikir Sosialis karya Bernard Crick. (Suara.com/Una)

Bernard Crick menganggap sosialisme sebagai sebuah produk zaman modern yang tidak pernah ada sebelum abad ke-19.

Suara.com - Pakar ilmu politik asal Inggris Sir Bernard Crick menilai asal usul ideologi sosialisme yang lahir pasca Revolusi Prancis 1789 masih samar. Selain itu, menurutya ada sosialisme yang telah berkembang sebelum digaungkan Karl Marx sebagai paham pengganti kapitalisme.

Dua alasan ini kemudian menggugah rasa penasaran Bernard Crick untuk menghadirkan ulasan singkat namun berkualitas mengenai seluk beluk sosialisme. Hingga terwujud dalam sebuah buku bertajuk Sosialisme Konsep dan Cara Berpikir Sosialis yang pertama kali diterbitkan pada 1988.

Tak sekadar menguliti tentang sejarah, teori maupun praktik sosialisme, pria kelahiran Inggris, 16 Desember 1929 ini juga mengupas sosialisme dalam konteks yang lebih luas.

Sebagai pembuka teori, Bernard Crick menganggap sosialisme sebagai sebuah produk zaman modern yang tidak pernah ada sebelum abad ke-19.

Kemudian dilanjutkan pembahasan mengenai Revolusi Prancis dan praktik sosialisme awal beserta keberhasilan dan kegagalannya. Selain itu, ada juga ruang tersendiri bagi Bernard Crick menguliti Karl Marx dan teori Marxisme.

Crick pun membuat sejenis intermezzo dengan menampilkan daftar pemikir sosialis dari Inggris yang berpengaruh pada rentang waktu 1880-1980-an.  Sebagai penutup untuk melengkapi ulasan, ia juga membagikan pesan bagi kaum sosialis yang bekerja di pemerintahan suoaya tetap bisa menjunjung tinggi nilai-nilai sosialisme.

Tak ayal, buku Sosialisme Konsep dan Cara Berpikir Sosialis karya Bernard Crick bisa dijadikan bacaan menarik bagi peminat politik kontemporer serta referensi ilmu politik berbobot untuk para akademisi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS