Bantah Ketua TGUPP Marco Mundur, Anies: Tugasnya Sudah Selesai

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Bantah Ketua TGUPP Marco Mundur, Anies: Tugasnya Sudah Selesai
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Anies mengatakan rencana pengembangan pesisir yang dibuat Marco dan tim belum dipresentasikan kepadanya.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah Marco Kusumawijaya disebut mundur dari jabatan Ketua bidang pesisir Tim Gabungan untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Anies mengatakan tugas Marco Kusuma dan tim sudah selesai.

Anies menjelaskan, tugas dari bidang pesisir di TGUPP adalah membuat perencanaan soal pengembangan daerah pesisir. Karena itu ia menyebut Marco tidak mengundurkan diri.

"Oh tidak (mundur). Jadi memang khusus untuk tim pesisir mereka telah menuntaskan pekerjaannya, yaitu menyusun rencana pengembangan kawasan pesisir," ujar Anies di gedung DRPD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).

Tugas Marco kata Anies, sudah selesai sejak akhir Oktober 2019 lalu. Tapi rencana pengembangan pesisir yang dibuatnya belum dipresentasikan kepadanya karena pembahasan anggaran yang padat di Pemprov.

"Rancangannya sudah jadi sejak akhir Oktober. Lalu, November kemarin seharusnya sudah bisa presentasi. Tapi karena kita semuanya padat di urusan anggaran sehingga belum dipresentasikan," kata Anies.

Anies menyamakan Marco dengan tim singkronisasi peraturan yang pernah dibentuknya. Ketika tugasnya rampung, tim itu lantas membubarkan diri.

"Jadi memang tugas dari tim pesisir sudah tuntas, sama seperti dulu ingat tim singkronisasi peraturan, waktu itu sudah selesai peraturan. Sama seperti ini, ini juga sudah selesai, bidangnya sudah selesai," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) bidang pesisir, Marco Kusuma Wijaya menyatakan mundur dari tim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu. Namun hingga saat ini, kursi yang ditinnggalkan Marco belum kunjung ada yang mengisi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), Suharti membenarkan soal belum adanya pengganti Marco. Padahal, Marco mengundurkan diri sejak 1 Desember lalu.

"Belum ada arahan untuk penggantinya tapi sejak 1 Desember beliau mengundurkan diri," ujar Suharti di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS