Soal Hunian DP Nol Rupiah Cilangkap, Anies: Jangan Lebih Cepat tapi Mahal!

Rima Sekarani Imamun Nissa
Soal Hunian DP Nol Rupiah Cilangkap, Anies: Jangan Lebih Cepat tapi Mahal!
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Proyek pembangunan hunian DP Nol Rupiah fase kedua resmi dimulai.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pembangunan hunian DP Nol Rupiah di Cilangkap, Jakarta Timur, bisa dirampungkan lebih cepat. Meski begitu, dia tak ingin hal itu membuat kebutuhan pembiayaan jadi lebih mahal.

Soal proses pembangunan, Anies Baswedan punya pesan khusus untuk PD. Sarana Jaya dan PT Totalindo Eka Persada Tbk selaku kontraktor hunian DP Nol Rupiah.

"Pesan saya kepada Sarana Jaya dan Totalindo sama seperti juga kalau ground breaking - ground breaking lainnya. Nomor satu adalah soal jadwal. Pastikan bahwa jadwal dirancang dengan baik dan lebih cepat lebih baik,” kata Anies Baswedan dalam sambutannya saat peletakan batu pertama hunian DP Nol Rupiah di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (12/12/2019).

"Meskipun sudah ditargetkan tadi 18 bulan, direview lagi, dicek lagi, bila dikerjakan lebih awal, maka lebih baik. Disebut sukses, bila bisa dikerjakan lebih cepat sampai tuntas," ujarnya lagi.

Anies Baswedan juga berharap jadwal dibuat terbuka untuk publik sehingga bisa dipantau oleh semua pihak. Di sisi lain, meskipun berharap pembangunan dapat selesai lebih cepat, Anies tak ingin ada pembengkakan anggaran.

"Jangan lebih cepat, tapi lebih mahal. Lebih cepat dan lebih efisien, lebih murah. Kalau itu kita bisa lakukan, lebih baik," tegasnya.

Biarpun berharap pembangunan berjalan lebih cepat dan efisien, Anies Baswedan tetap tak lupa menekankan jangan sampai muncul kompromi dalam hal kualitas. Menurutnya, kualitas tetap harus diutamakan.

"Kualitas juga harus dijaga. Jadi kita ingin agar rumah-rumah atau hunian yang nanti dimiliki oleh warga adalah hunian yang memang aman, yang memang berkualitas untuk bertahun-tahun ke depan," kata Anies Baswedan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS