5 Fakta Perjalanan Hidup Ponari, dari Dukun Cilik, Sales hingga Lamaran

Reza Gunadha | Rifan Aditya
5 Fakta Perjalanan Hidup Ponari, dari Dukun Cilik, Sales hingga Lamaran
Ponari si 'dukun cilik' melangsungkan acara lamaran (ist)

Perjalanan hidup Ponari tidak mulus setelah dirinya viral sebagai dukun cilik.

Suara.com - Kabar Ponari yang melamar kekasihnya baru-baru ini membuat heboh warganet. Ia dulu viral sebagai dukun cilik yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Setelah 11 tahun berlalu, kini Ponari kembali viral setelah dirinya baru saja melamar kekasihnya, Aminatus Zuroh (22), warga Dusun Sumber, Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Jombang, Jawa Timur.

Perjalanan hidup Ponari tidak mulus setelah dirinya viral sebagai dukun cilik.

Berikut 5 fakta perjalanan hidup Ponari yang dirangkum Suara.com pada Minggu (19/1/2020):

1. Dukun cilik dari Jombang

Ponari, dukun cilik asal Jombang (ist)
Ponari, dukun cilik asal Jombang (ist)

Ponari merupakan warga asal Dusun Kedung sari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang. Saat kecil ia dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan batu miliknya.

Penyakit seseorang dipercaya akan hilang setelah minum air yang telah dicelupkan batu milik Ponari.

Dilaporkan oleh Times Indonesia --jaringan Suara.com, Jumat (17/1/2020), batu ajaib yang dimilikinya bermula saat desa tempat tinggalnya dilanda hujan deras disertai petir.

Ponari yang saat itu masih kelas tiga Sekolah Dasar (SD), sedang bermain hujan dengan teman-temannya. Dia selamat dari sambaran petir dan mendapatkan batu saktinya tersebut.

Kehebatan Ponari ini membuat warga dari berbagai daerah datang berbondong-bondong untuk berobat kepadanya.

2. Mendapat uang miliaran

Banyak orang yang berobat kepada dukun cilik asal Jombang membawa berkah bagi keluarga Ponari.

Menurut Medan Headlines --partner Suara.com, Selasa (19/11/2019), penghasilan Ponari sekeluarga dari orang yang datang bisa sampai miliaran rupiah.

Uang hasil jadi dukun itu pun dimanfaatkan untuk membangun rumah, membeli tanah dan juga sawah.

3. Putus sekolah

Namun perjalanan hidup Ponari tidak berjalan mulus, perdukunannya mulai sepi. Ia sempat melanjutkan sekolah kembali namun hanya sampai SMP.

Mukaromah, ibu Ponari mengaku jika ia kesulitan membayar biaya semester sekolah anaknya yang jumlahnya 250.000 rupiah. Ponari akhirnya putus sekolah.

Uang yang dikumpulkannya dari pengobatan batu bertuah itu telah habis. Bahkan, keluarga Ponari sempat kesulitan mengurus BPJS karena merasa tak sanggup membayar persalinan ibunya.

4. Jadi sales

Ponari yang kini berusia 21 tahun bekerja sebagai sales di perusahaan obat herbal. Hal itu diungkapkan oleh kekasih Ponari, Aminatus Zuroh.

Dilansir oleh Beritajatim.com --jaringan Suara, Minggu (19/1/2020), Aminatus bertemu dengan Ponari saat keduanya sama-sama bekerja di perusahaan makanan ringan (snack) di Jombang.

Ponari lalu pindah kerja di sebuah perusahaan pemasaran obat-obatan herbal.

“Mas Ari (Ponari) sudah pindah kerja ke perusahaan obat herbal. Saya tetap di perusahaan jajanan ringan. Saya suka, orangnya pendiam. Saya tidak tahu kalau Mas Ari dulu pernah menjadi dukun terkenal,” kata Aminatus.

5. Melamar sang kekasih

Aminatus mengaku telah berpacaran dengan Ponari sejak Juli 2019. Menjelang lamaran, Aminatus baru tahu kalau calon suaminya itu pernah viral sebagai dukun cilik.

Ponari si 'dukun cilik' melangsungkan acara lamaran (ist)
Ponari si 'dukun cilik' melangsungkan acara lamaran (ist)

Hal tersebut terungkap dari cerita teman-teman Aminatus. Namun hal itu justru menambah kecintaannya kepada Ponari.

Foto lamaran Ponari dengan Aminatus viral di media sosial, misalnya seperti unggahan yang dibuat oleh akun Facebook Kabare Wong Jombang.

"Ponari lamaran. alhamdulillah kini dia tumbuh dewasa dan ia sudah melamar si doi. Semoga samawa aamiin," tulis akun tersebut seperti dikutip Suara.com, Jumat (17/1/2020).

Dalam foto yang diunggah tampak Ponari mengenakan kemeja batik berwarna gelap. Aminatus terlihat mengenakan busana muslim berwarna pink.

Keduanya kompak memamerkan cincin pertunangan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS