Diperintah Prabowo Jadi Cawagub DKI, Riza Patria Siap Tinggalkan Kursi DPR

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Diperintah Prabowo Jadi Cawagub DKI, Riza Patria Siap Tinggalkan Kursi DPR
Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria dan Ketua DPD Gerindra Jakarta Mohamad Taufik. (Suara.com/Fakhri Fuadi0

Riza Patria harus bersaing dengan politikus PKS agar bisa dipilih menjadi Cawagub DKI Jakarta.

Suara.com - Anggota DPR RI dari fraksi Gerindra, Ahmad Riza Patria, telah resmi menjadi salah satu dari dua kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta. Riza menyatakan siap untuk bersaing dengan Cawagub dari PKS, Nurmansyah Lubis.

Riza mengatakan dirinya siap maju sebagai Cawagub karena instruksi dari partai yang diketuai Prabowo Subianto. Riza mengaku pengalamannya selama ini di Parlemen Senayan bisa membantu Gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam bekerja.

"Bagi saya, sebagai kader partai saya mengikuti, melaksanakan apa yang diperintahkan oleh partai," ujar Riza saat dihubungi, Selasa (21/1/2020).

Ia juga menyatakan siap meninggalkan kursi DPR selama menjalani proses pemilihan pengganti Sandiaga Uno.

Menurutnya hal ini juga sesuai dengan aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak memperbolehkan Cawagub rangkap jabatan.

"Apabila mencalonkan sebagai Kepala atau Wakil Kepala Daerah dia harus mengundurkan diri," jelasnya.

Ia juga menyatakan sudah melakukan persiapan untuk menyongsong pemilihan di DPRD nanti. Jika terpilih sebagai Wagub, ia juga mengaku akan menjalankan tugasnya dengan baik.

"Harus siap melaksanakan tugas yang diamanatkan apabila terpilih sebagai wakil Gubernur," pungkasnya.

Sebelumnya, pembahasan penentuan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta akan segera dimulai. Setelah dua nama kandidat ditentukan, surat usulan nama Cawagub telah diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Surat itu diserahkan oleh kedua partai secara bersamaan. Mereka mendatangi langsung kantor Anies di Balai Kota untuk menyerahkannya pada Selasa (21/1/2020) siang.

Dari pihak Gerindra, turut hadir Ketua DPD Gerindra DKI, M Taufik. Ia juga didampingi Sekretaris DPD, Syarif.

Sementara dari PKS, hadir Ketua Fraksi PKS di DPRD DKI, Mohamad Arifin. Sekretaris fraksi PKS, Achmad Yani juha turut ikut.

Usai menyerahkan surat, Anies bersama perwakilan partai itu menggelar konferensi pers bersama. Anies mengatakan akan segera menindaklanjutinya dan menyerahkannya ke DPRD DKI.

"Surat ini diterima hari ini, maka Insya Allah akan segera diproses. Kemudian, diantarkan langsung ke dewan agar dewan bisa langsung bekerja," ujar Anies di Balai Kota, Selasa (21/1/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS