Jakarta Dikepung Banjir Lagi, Anies Malah Pergi ke Luar Kota

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Jakarta Dikepung Banjir Lagi, Anies Malah Pergi ke Luar Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat peresmian pencanangan Groundbreaking Halte Transjakarta Centrale Stitching Wederoupbouw (CSW) di stasiun MRT Asean, Jakarta Selatan, Rabu (22/01). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Waduh saya lupa agendanya," jelasnya.

Suara.com - Hujan besar yang mengguyur Jakarta pada Jumat (24/1/2020) pagi mengakibatkan sejumlah wilayah Ibu Kota kembali banjir.

Saat bersamaan dengan peristiwa ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan malah berada di luar kota.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH dan KLN) DKI Jakarta, Muhammad Mawardi mengatakan Anies saat Jakarta banjir tengah berada di Jawa Tengah. Menurutnya Anies berencana pulang sore ini.

"Waduh saya enggak tahu persis ya kapan tibanya, tapi sore ini balik ke Jakarta dari Jawa Tengah," ujar Mawardi saat dihubungi, Jumat (24/1/2020).

Saat ditanya agenda Anies ke Jawa Tengah, Mawardi tak memberi tahu. Ia mengaku lupa dengan agenda Anies di sana.

"Waduh saya lupa agendanya," jelasnya.

Ia juga tidak tahu persis kapan Mantan Mendikbud itu bertolak ke luar daerah.

Ia memperkirakan Anies berangkat sejak Kamis (23/1/2020) malam atau Jumat pagi.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah wilayah di Jakarta diguyur hujan sejak pagi hari hingga menjelang sore. Akibatnya, sejumlah ruas Jalan tergenang air atau kebanjiran.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo, setidaknya 74 ruas jalan diketahui tergenang. Lokasi tersebar di seluruh wilayah di kota administrasi Jakarta.

Ketinggian air dimulai dari 10 cm hingga. 2,5 meter. Subejo menyebut penyebabnya adalah karena curah hujan yang tinggi.

Wilayah dengan jalanan tergenang paling banyak ada di kawasan Jakarta Utara. Sebanyak 37 jalan terendam air karena hujan deras.

Kawasan paling sedikit berada di kota Jakarta Selatan. Tujuh ruas jalan tergenang air dengan ketinggian maksimal mencapai 50 cm.

Sementara jalan yang terendam paling parah ada di Underpass Gandhi, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Ketinggian air mencapai 2,5 meter di lokasi itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS