Pilu, Perempuan Ini Terima Gaji Rp 127 Ribu Meski Kerja Jadi Pelayan 70 Jam

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Pilu, Perempuan Ini Terima Gaji Rp 127 Ribu Meski Kerja Jadi Pelayan 70 Jam
Ilustrasi wanita pendiam. (Unsplash/AL)

"Seperti yang kalian lihat, saya tidak mampu hidup dari 2,13 USD per jam. Jadi saya bisa mengandalkan kemurahan hati pelanggan saja," ungkapnya.

Suara.com - Aaliyah Cortez, perempuan asal Austin, Texas mendadak menjadi sorotan di media sosial, seusai menceritakan gaji yang diterimanya. Upah tersebut dinilai tak layak.

Sudah lebih dari satu tahun, ibu muda itu bekera sebagai bartender dan pelayan di salah satu bar. Namun ternyata, kerja kerasnya tersebut tak dibayar dengan gaji yang sepadan.

Dikutip dari laman Buzfeed, Jumat (14/2/2020), Aaliyah pun mengungkap kisah pilu yang dialami lewat sebuah unggahan video di TikTok pada 11 Februari 2020.

Video itu lantas viral di linimassa Twitter, seusai dibagikan oleh sejumlah warganet.

Dalam rekaman berdurasi 45 detik tersebut, Aaliyah memamerkan slip gaji miliknya dengan jumlah total durasi kerja 70 jam.

Selama itu, ia memperoleh gaji sebesar 150,81 USD atau senilai Rp 2 juta. Pun bila dihitung per jam, ia menerima gaji sebesar 2,13 USD yang Rp 29 ribu.

Kerja 70 jam, perempuan dapat gaji Rp 127 ribu. (Twitter)
Kerja 70 jam, perempuan dapat gaji Rp 127 ribu. (Twitter)

Namun nominal tersebut kemudian dipotong tanggungan lain seperti pajak, perawatan medis dan jaminan sosial. Walhasil, ia hanya menerima gaji bersih sebesar 9,28 USD tau Rp 127 ribu.

Dengan upah minim tersebut, Aaliyah pun hanya bisa mengandalkan tip dari pelanggan.

Ia mengatakan sengaja membagikan kisah tersebut untuk memberi gambaran kepada khalayak soal industri jasa di negaranya.

"Ada undang-undang yang memungkinkan karyawan mendapat gaji di bawah upah minimum, itu yang membuat kami bergantung pada tip yang diberi pelanggan," ungkapnya.

Kendati begitu, Aaliyah mengaku menyukai pekerjannya dan merasa beruntung banyak pelanggan yang memberi tip kepadanya.

"Saya berharap ini semua berjalan secara mamadai dan konsisten. Seperti yang kalian lihat, saya tidak mampu hidup dari 2,13 USD per jam. Jadi saya bisa mengandalkan kemurahan hati pelanggan saja," imbuhnya.

Video soal slip gaji Aaliyah pun kekinian ramai jadi perbincangan. Seperti dibagikan akun @sxbvna yang telah disaksikan lebih dari 9,4 juta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS