Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Quaden Bayles Bocah yang Dibully Berusia 18 Tahun?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Benarkah Quaden Bayles Bocah yang Dibully Berusia 18 Tahun?
Anaknya Dibully sampai Ingin Bunuh Diri, Ibu Ini Bagikan Video Menyayat Hati. Tangkapan layar (facebook.com/yarraka)

Benarkah Quaden Bayles telah menipu semua orang?

Suara.com - Media sosial dibuat geger dengan kemunculan video menyayat hati pengakuan seorang anak berusia 9 tahun bernama Quaden Bayles. Ia menjadi korban bullying di sekolah hingga ia merasa putus asa dan ingin bunuh diri.

Video yang diambil oleh sang ibu tersebut menyita perhatian publik. Banyak orang melakukan galang dana untuk Quaden melalui situs GoFundMe hingga terkumpul dana Rp 1,6 miliar.

Namun, belakangan Quaden disebut-sebut telah menipu banyak orang. Sejumlah warganet menuduh Quaden sebenarnya berusia 18 tahun dan sengaja menipu banyak orang demi mendapatkan uang.

Beredar sejumlah foto yang menampilkan Quaden berdiri di sebelah lampu berbentuk angka 18. Tak hanya itu, foto-foto Quaden lainnya yang tampil dengan gaya seperti orang dewasa beredar luas di media sosial.

Berikut isi narasi salah satu unggahan warganet:

"Perlu kalian tahu..dia menipu semua orang.. usianya 18 tahun..memiliki banyak uang dan semua orang menginginkan itu. Sekarang jika saya salah, tolong cari penjelasannya dan jelaskan kepadaku. Dia adalah selebgram @quadosss yang telah menghapus caption postingan tentang ulang tahunnya ke 18," cuit warganet.

Benarkah Quaden Bayles berusia 18 tahun? (ist)
Benarkah Quaden Bayles berusia 18 tahun? (ist)

Benarkah Quaden Bayles sebenarnya telah berusia 18 tahun?

Penjelasan

Dari penelusuran Snopes seperti dialihbahasakan oleh Suara.com, Sabtu (22/2/2020), kabar mengenai Quaden sebenarnya telah berusia 12 tahun merupakan kabar hoaks. Saat ini, Quaden masih berusia 9 tahun.

Salah satu foto yang diperdebatkan adalah foto Quaden di samping lampu berbentuk angka 18 yang diyakini sebagai jumlah usia Quaden. Ternyata, foto tersebut merupakan momen saat Quaden mendatangi pesta ulang tahun temannya bernama Garlen.

Dalam foto yang diunggah di akun Instagram Quaden @quadossss, tertulis "Ulang Tahun Garlen ke-18'. Namun, kini akun Quaden tersebut telah dihapus.

Unggahan Quaden di akun media sosialnya (Instagram/quadossss)
Unggahan Quaden di akun media sosialnya (Instagram/quadossss)

Selain itu, ini juga bukan kali pertama Quaden muncul ke publik. Pada 2015 lalu, Quaden dan ibunya Yarraka Bayles pernah menjadi bintang tamu di Studio 10 Australian Networks.

Sang pembawa acara menyebutkan bahwa Quaden baru berusia 4 tahun berasal dari Brisbane. Ia disebut sebagai sosok yang inspiratif.

Tak hanya itu, sang ibunda Quaden juga kerap kali mengunggah foto-foto Quaden di laman media sosial Facebook miliknya. Pada 2012, Yarraka mengunggah foto yang menampilkan Quaden saat masih bayi berusia 15 bulan berada di tepi pantai.

Quaden Bayles saat diwawancarai Studio 10 Australian Networks pada 2015 (YouTube)
Quaden Bayles saat diwawancarai Studio 10 Australian Networks pada 2015 (YouTube)

Kesimpulan

Informasi yang menyebutkan bahwa Quaden berusia 18 tahun tidak lah benar. Informasi tersebut merupakan informasi bohong atau hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS