5 Tips Cepat Menyiapkan Baju untuk Pelesir, Tak Perlu Tendang Ibu Sendiri

Dany Garjito | Ruhaeni Intan
5 Tips Cepat Menyiapkan Baju untuk Pelesir, Tak Perlu Tendang Ibu Sendiri
Ilustrasi wanita memilih baju (Shutterstock).

Menyiapkan baju untuk bepergian bukan hal yang sulit. Bisa dilakukan sendiri, tidak perlu menyuruh orang lain apalagi sampai menendang ibu sendiri.

Suara.com - Baru-baru ini viral kasus penganiayaan yang dilakukan oleh seorang anak terhadap ibunya di Kupang, Nusa Tenggara Timur. TH (17) yang tidak lain adalah jebolan The Voice Indonesia menganiaya ibunya yang berinisial AH karena alasan sepele: bajunya untuk pelesiran belum siap.

Gadis itu mengamuk, memukuli ibunya dengan tangan dan kaki karena sang ibu tak segera menyiapkan baju untuk ia pergi pelesiran. Sungguh perbuatan yang sangat disayangkan dan tidak patut dicontoh.

Padahal, mempersiapkan baju untuk bepergian bukanlah hal yang sulit. Aktivitas tersebut tak memakan banyak waktu dan bisa dilakukan sendiri, tidak perlu menyuruh ibu atau bahkan sampai menendangnya. Jika masih kesulitan, berikut adalah tips cepat menyiapkan baju untuk pelesir seperti dikutip dari Her Packing List.

Ilustrasi wanita fitting baju (Shutterstock).
Ilustrasi wanita fitting baju (Shutterstock).

1. Buat Rencana

Jika ternyata bakal bepergian cukup lama, ada baiknya merencanakan baju apa yang akan dikenakan beberapa hari sebelum keberangkatan. Ini bakal mencegah seseorang salah kostum. Tidak lucu kan kalau memakai kemeja formal ke pantai? Atau sebaliknya, memakai baju pantai ke pertemuan resmi?

Untuk itu, jangan lupa membuat rencana perjalanan. Destinasi mana saja yang akan dituju, untuk keperluan apa, serta ketahui orang-orang seperti apa yang akan memenuhi lokasi tersebut. Semakin detil rencana perjalanan, semakin baik. Dengan demikian bisa memilih baju yang pas sesuai acara.

2. Pilih yang Penting-Penting

Singkirkan baju-baju lain yang tidak terlalu penting. Mungkin berat rasanya memilih mana di antara baju-baju kesayangan yang paling berguna. Tetapi, ini dapat meringankan beban bawaan. Pasti tidak enak rasanya membawa tas yang penuh dan berat. Apalagi jika isinya kebanyakan barang-barang atau baju-baju yang tidak berguna. Bikin skala prioritas kalau merasa kesusahan saat memilih.

3. Perhatikan Warna Baju

Ilustrasi packing pakaian untuk traveling (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi packing pakaian untuk traveling (Pixabay/Pexels)

Warna baju ini bakal menyesuaikan dengan rencana perjalanan. Makanya, tips nomor satu adalah membuat rencana. Warna baju bakal mempengaruhi foto kalau nanti ada rencana untuk foto. Sebaiknya pilih warna yang cocok dengan destinasi tujuan.

4. Cek Baju dengan Teliti

Tidak lucu kan kalau ternyata kemeja untuk rapat bolong? Atau baju buat berlibur ternyata terkena noda? Kalau keadaan baju memang tidak memungkinkan, sebaiknya diikhlaskan saja. Mungkin belum rejekinya. Atau jika waktu masih memungkinkan, beli baju yang sama.

5. Bersiaplah Sejak Jauh Hari

Bukan berarti harus bersiap-siap satu bulan sebelumnya. Paling tepat adalah satu minggu sebelum keberangkatan. Setelah menentukan baju mana saja yang akan dibawa, penting untuk memastikan apakah baju tersebut sudah dicuci atau belum, lalu di mana terakhir kali menyimpannya. Ini akan menghindarkan seseorang bersikap terburu-buru dan berakhir jengkel karena menemukan pakaian terbaiknya ternyata masih kotor.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS