Klorokuin Obat Virus Corona Mulai Dibagikan Pemerintah Sore Ini

Reza Gunadha | Ummi Hadyah Saleh
Klorokuin Obat Virus Corona Mulai Dibagikan Pemerintah Sore Ini
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. [Suara.com/M Fadil]

"Kami sudah mendatangkan 5.000 Avigan, dan dalam proses pemesanan ada 2 juta. Kemudian yang kedua Chloroquine, sudah siap 3 juta, kata Jokowi.

Suara.com - Kementerian BUMN bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19  akan menyerahkan klorokuin ke RSPI Prof Sulianto Saroso, Sunter, Jakarta, Sabtu (21/3/2020) sore ini.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan penyerahan obat klorokuin sebagai simbol bahwa pemerintah bergerak cepat untuk menangani permasalahan penyebaran virus corona Covid-19.

Untuk diketahui, klorokuin diyakini pemerintah bisa menjadi obat ampuh mengatasi virus corona, meski secara global masih menjadi perdebatan.

"Iya ini  penyerahan klorokuin awal ke RSPI sebagai simbol saja," ujar Arya saat dihubungi Suara.com, Sabtu (21/3/2020).

Ia tak menyebut jumlah obat kloroquin yang diserahkan ke RSPI Sulianti Saroso. Namun, penyerahan klorokuin itu sesuai instruksi Presiden Jokowi.

"Ini simbol saja, cukup besar juga, simbol berapa kotak lah ya. Artinya apa yang disampaikan Pak Jokowi sudah dimulai, diserahkan ke rumah-rumah sakit," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, hingga kekinian belum ada vaksin untuk menanggulangi virus corona Covid-19.

Namun, kata Jokowi, sudah ada resep obat yang sudah digunakan sejumlah negara untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus corona.

"Yang pertama untuk antivirus sampai sekarang belum ditemukan. Dan itu yang saya sampaikan tadi, ada obat. Obat ini sudah dicoba oleh  satu atau tiga negara dan memberikan kesembuhan," ujar Jokowi dalam konferensi pers via video, Jumat (20/3/2020).

Jokowi mengungkapkan, dua resep obat yang ampuh melawan virus corona tersebut yakni Avigan dan Chloroquine.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS