Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Prabowo Beli APD dari China Pakai Uang Pribadi?

Reza Gunadha | Rifan Aditya
CEK FAKTA: Benarkah Prabowo Beli APD dari China Pakai Uang Pribadi?
Cek Fakta, Unggahan yang mengklaim Prabowo pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)

Benarkah Prabowo membeli APD dari China dengan uang pribadi?

Suara.com - Beredar informasi di media sosial yang menyebut bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli alat pelindung diri (APD) dari China dengan uang pribadi.

Informasi ini disebarkan oleh akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar atau @bambang.irawanalakbar.5 dalam unggahan Selasa 24 Maret 2020. Dalam unggahan itu terdapat narasi sebagai berikut.

"APD yg baru datang dari China di angkut dengan Pesawat TNI itu..Ternyata Atas Inisiatif dan Di Beli pakai Uang Pribadi Pak Prabowo..,"

Akun Facebook tersebut juga mengunggah gambar Prabowo Subianto bersama beberapa orang seperti Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahyanto dan Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid.

Cek Fakta, Unggahan yang mengklaim Prabowo pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)
Cek Fakta, Unggahan yang mengklaim Prabowo pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)

Ia juga menambahkan narasi yang mengklaim bahwa Prabowo memakai uang pribadi untuk membeli peralatan dan obat guna menanggulangi virus corona.

“Menteri Pertahanan Repoblik Indonesia itu Top Markotop ….!Rehab Kantor Uang Sendiri , Mobil Dinas Pakai Mobil Sendiri . Beli Peralatan Dan Obat Virus Corona Juga Pakai Uang Sendiri . Gaji Di Santuni Utk Pakir Miskin . Ada 5 Mentri Di NKRI ini . Wow Mantap & HEBAT,” tulis akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar.

Benarkah Prabowo membeli APD dari China dengan uang pribadi?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id---jaringan Suara.com, unggahan yang dibagikan oleh akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar adalah tidak benar atau keliru.

Klaim bahwa Prabowo memakai uang pribadi untuk membeli APD dari China adalah tidak benar.

Penjelasan Cek Fakta, Prabowo tidak pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)
Penjelasan Cek Fakta, Prabowo tidak pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)

Hal ini berdasarkan artikel berjudul Menhan Prabowo Subianto Serahkan Bantuan Alkes dari Tiongkok Untuk Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19” yang dimuat dalam situs resmi Kementerian Pertahanan, kemhan.go.id. Berikut ini kutipannya:

"Kementerian Pertahanan (Kemhan) bersama Mabes TNI sukses menggelar operasi Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) guna membawa alat-alat kesehatan dari Tiongkok untuk membantu Indonesia melawan penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Tanah Air. Operasi Humanitarian aid yang digagas oleh Prabowo Subianto ini dilakukan oleh Kemhan dan Mabes TNI atas bantuan Kementrian Pertahanan (Kemhan) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) serta dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia".

Dalam artikel tersebut, Prabowo juga mengatakan dalam menghadapi ancaman Covid-19, ia mengajak semua pihak dan komponen bangsa saling bekerjasama yang baik dengan saling mendukung dan saling membantu.

"Ini saatnya kita bersatu ini, saatnya kita bahu-membahu menghadapi ini, karena seluruh dunia dalam ancaman", ucap Prabowo.

Sementara itu foto yang dipakai oleh akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar merupakan hasil dokumentasi dari Humas Kementerian Pertahanan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (21/3/2020). (ANTARA/HO-Humas Kemhan)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020). (ANTARA/HO-Humas Kemhan)

Gambar itu merupakan momen saat Prabowo menyambut pesawat C-130B Hercules milik TNI Angkatan Udara yang membawa alat - alat kesehatan dari China untuk menangani virus Corona atau COVID-19 di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 23 Maret 2020.

Foto tersebut juga dapat dilihat pada akun Instagram Juru Bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak atau @dahnil_anzar_simanjuntak.

Kesimpulan

Informasi yang mengklim bahwa Prabowo memakai uang pribadi untuk membeli APD dari China adalah keliru. Jadi, informasi tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau Misleading Content.

Referensi

https://www.facebook.com/groups/282425719010775/permalink/592236728029671/?_rdc=1&_rdr

https://www.kemhan.go.id/2020/03/23/menhan-prabowo-subianto-serahkan-bantuan-alkes-dari-tiongkok-untuk-rumah-sakit-rujukan-penanganan-covid-19.html

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS