Umi Pipik: Covid-19 Tentara Kecil Allah untuk Menjadi Teguran Buat Manusia

Dwi Bowo Raharjo | Husna Rahmayunita
Umi Pipik: Covid-19 Tentara Kecil Allah untuk Menjadi Teguran Buat Manusia
Umi Pipik. (Instagram)

"Yang dipikirkan sekarang takut akan kematian. Covid-19 begitu dahsyatnya, Allah mengirimkan tentara-tentara kecil Nya untuk menjadi teguran buat semua manusia," kata Pipik.

Suara.com - Pipik Dian Irawati atau yang karib disapa Umi Pipik buka suara terkait pandemi virus corona atau Covid-19 yang mengancam warga dunia. Pipik menyebut, Covid-19 adalah tentara kecil Allah yang dikirim sebagai teguran bagi umat manusia.

Pendapat Pipik tersebut disampaikan melalui unggahan di akun Instagram terverifikasi miliknya belum lama ini. Ia membagikan foto seorang perempuan yang tengah memanjatkan doa.

Lewat narasinya, istri mendiang Ustaz Jeffry Al Buchori itu mulanya mengutip hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Abu Dawud mengenai cinta dunia dan takut mati (wahn).

"Bismillah nasehat untukku.. ~Cinta Dunia dan Takut Mati (Wahn)~. Rasulullah saw bersabda, 'Akan tiba suatu saat di mana seluruh manusia bersatu padu melawan kalian dari segala penjuru, spt halnya berkumpulnya manusia mengelilingi meja makan.' Kemudian seseorang bertanya, 'Katakanlah wahai Rasulullah, apakah jumlah Muslim pada saat itu sedikit?."

"Rasulullah berkata, 'Bahkan kalian pada saat itu banyak. Akan tetapi kalian bagai sampah yang dibawa oleh air hujan. Allah akan menghilangkan rasa takut pada hati musuh kalian dan akan menimpakan dlm hati kalian 'Wahn'. Kemudian seseorang bertanya, 'Apa itu 'wahn'?' Rasulullah berkata, 'Cinta dunia dan takut mati.' (HR. Abu Daud no. 4297)," tulis Pipik, seperti dikutip Suara.com, Sabtu (28/3/2020).

Pipik lantas mengaitkan nasihat Rasulullah tersebut dengan kondisi sekarang, saat banyak warga khawatir dan takut dengan virus corona. Ia mengatakan, kekinian Allah sedang memberikan musibah yang berupa teguran, azab serta ujian bagi hambaNya.

Sebab, menurut Pipik, sebelum wabah ini datang, banyak orang yang lupa menjalankan ibadah, karena terlalu fokus pada urusan duniawi.

Ia mengatakan, "Sebelum ada wabah semua sibuk dengan pekerjaanya, karirnya,popularitasnya, berkumpul ,bercengkrama berghibah ,hingga semua lupa akan ibadah, mengulur waktu sholat (dengan kalimat ah entar juga sholat ,sekalipun diujung waktu sholatnya, bahkan bisa sholatnya dia tinggalkan krn urusan pekerjaan) ,alqur'an pun tak tersentuh utk dibaca difahami, (lebih asyik hp lebih menarik itu ucapnya)".

Tanggapan Umi Pipik soal pandemi Covid-19. (Instagram/@_ummi_pipik_)
Tanggapan Umi Pipik soal pandemi Covid-19. (Instagram/@_ummi_pipik_)

Namun kini, masyarakat menjadi ketakutan, menyerukan Lockdown dan Stay Home karena Allah mematikan dunia dalam sekejab dengan pandemi virus corona. Pipik menyebutkan, Covid-19 adalah cara Allah menegur umat manusia.

"Yang dipikirkan sekarang takut akan kematian. Covid-19 begitu dahsyatnya, Allah mengirimkan tentara-tentara kecil Nya untuk menjadi teguran buat semua manusia," kata Pipik.

Untuk itu, Pipik mengajak umat manusia untuk bertaubat, meminta ampun kepada Allah atas kesalahan yang dilakukan. Sekaligus mengimbau untuk bertahan di rumah demi mencegah penularan virus corona.

"Now stay home, inilah yang terjadi...Sudah saatnyalah muhasabah, dosa & maksiat apa yg kita kerjakan & amalan apa yg kita tinggalkan? Hingga Allah mengadzab & menegur kita, saat ini Allah buat kita menjauh dari dunia dan mendekat kepada Sang Pemilik dunia ..tafakur, taubat, menangis atas waktu yang sudh kita sia-siakan untuk Nya selama ini," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sudah saatnya manusia memperbaiki hubungan dengan Allah dengan merendahkan hati dan merelakan segala urusan duniawi.

"Now liyabbluwakum ayyukum ahsanu amalan ( Allah hanya ingin melihat siapa yg paling baik amalanya) Astaghfirullahal'adzim ,ampuni hamba Ya Allah," tulis Pipik, memungkasi.

Sejak dibagikan, nasihat Pipik soal pandemi Covid-19 telah mendapat lebih dari 16 ribu likes.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS