Takut Bawa Corona, 500 TKI Malaysia Diisolasi di Medan

Pebriansyah Ariefana
Takut Bawa Corona, 500 TKI Malaysia Diisolasi di Medan
TKI baru pulang dari Malaysia dicek virus corona.(Antara)

Mereka akan dikarantina terlebih dahulu sebelum dikembalikan ke daerahnya masing-masing karena takut membawa virus corona dari Malaysia.

Suara.com - Sebanyak 500 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumatera Utara akan diisolasi di Medan, Sumatera Utara. Mereka baru pulang dari negeri Jiran Malaysia.

Mereka akan dikarantina terlebih dahulu sebelum dikembalikan ke daerahnya masing-masing karena takut membawa virus corona dari Malaysia.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan para TKI ini nantinya akan dikarantina di dua lokasi.

Adapun TKI gelombang pertama yang tiba pada Kamis (9/4/2020) yakni sebanyak 270 TKI akan dikarantina di Taman Cadika, Lubuk Pakam. Sedangkan yang tiba pada Jumat (10/4/2020) besok akan dikarantina di Eks. Bandara Polonia Medan.

"Para TKI ini akan langsung dikarantina sebelum dikembalikan ke daerahnya masing-masing," katanya di Bandara Internasional Kualanamu, Kamis pagi.

Para TKI gelombang pertama tiba sekitar pukul 08.30 dengan menaiki pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH860.

Setibanya di Bandara Internasional Kualanamu, tim gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut langsung melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para TKI.

Adapun pemeriksaan kesehatan itu mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan kepada TKI maupun barang bawaan, dan melakukan wawancara.

Apabila ditemukan gejala COVID-19 maka akan dilakukan uji rapid test COVID-19 yang bertujuan untuk mencegah masuknya COVID-19 melalui TKI yang kembali dari luar negeri. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS