Jokowi Yakin Corona Lenyap Akhir 2020, Wishnutama Siap Gairahkan Pariwisata

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Jokowi Yakin Corona Lenyap Akhir 2020, Wishnutama Siap Gairahkan Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memberikan keterangan pers kepada wartawan di gedung KPK Jakarta, Kamis (9/1). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Tentu kita (Indonesia) juga harus berkompetisi dengan negara lain setelah pasca Covid ini berakhir untuk melakukan berbagai macam strategi ke depan..."

Suara.com - Presiden Joko Widodo (jokowi) optimis jika sektor pariwisata bakal kembali bergariah pada tahun 2021. Klaim tersebut merujuk pada keyakinan Jokowi ihwal pandemi Covid-19 yang bakal teratasi pada penghujung tahun 2020.

Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, kompetisi antarnegara di sektor pariwisata bakal terjadi seusai pandemi Covid-19 rampung. Dia menyebut, pihaknya akan menyiapkan berbagai macam strategi di sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Tentu kita (Indonesia) juga harus berkompetisi dengan negara lain setelah pasca Covid ini berakhir untuk melakukan berbagai macam strategi ke depan. Sebagai catatan ini dilakukan setelah pandemi covid19 berakhir. Kami cukup meyakini bahwa 2021 nanti industri parekraf, dan banyak sekali sektor ekraf ini yang terkait dengan sektor pariwisata," kata Wishnutama dalam keterangan yang disiarkan secara streaming, Kamis (16/4/2020).

Wishnutama mengklaim, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan berbagai macam destinasi pariwisata meski dalam situasi pandemi Covid-19. Sejurus dengan hal itu, dia menyebut pihaknya tetap mempersiapkan langkah untuk membuat pariwisata Indonesia kembali bergairah seusai pandemi Covid-19 berakhir.

"Jadi saat ini walau kita sedang hadapi pandemi Covid-19, Kemenpar tetap melakukan koordinasi dengan berbagai macam destinasi super prioritas dan yang utama untuk tetap mempersiapkan langkah-langkah nanti pada saat kita dapat melakukan rebound pascapandemi Covid-19," beber dia.

Wishnutama menyebut, kekinian pihaknya fokus terhadap hal-hal mendasar pada destinasi wisata. Misalnya, fokus pada hal mendasar seperti higienitas, kebersihan, keselamatan, dan keamanan.

"Nanti sore juga saya akan bicara dengan beberapa Kepala Dinas untuk fokus kepada hal-hal yang bersifat higienitas, toilet kebersihan keselamatan dan keamanan. Hal-hal tersebut yang perlu kami utamakan. Jadi benar-benar kami balik ke soal basic dan training mengenai hospitality untuk pasca covid-19," tutup Wishnutama.

Sebelumnya, Presiden Jokowi optimis sektor pariwisata akan kembali bergairah pada tahun depan, yakni tahun 2021. Sebab, dia yakin pandemi Covid-19 akan usai pada akhir tahun 2020.

"Saya meyakini ini hanya sampai pada akhir tahun. Tahun depan akan terjadi booming di bidang pariwisata. Semua orang ingin keluar, semua orang ingin menikmati keindahan-keindahan yang ada di wilayah-wilayah yang ada pariwisatanya," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan secara streaming, Kamis (16/4/2020).

Untuk itu, Jokowi meminta agar semangat optimisme terus digelorakan. Dia tak ingin kalau Indonesia terjebak pada pesimisme terhadap Covid-19.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS