Seratusan Jemaah Tablig Asal Indonesia di India dan Pakistan Positif Covid

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Seratusan Jemaah Tablig Asal Indonesia di India dan Pakistan Positif Covid
Menlu Retno Marsudi. [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Dari 1.129 Jemaah Tablig asal Indonesia itu, terdapat 105 WNI yang dinyatakan positif Covid-19.

Suara.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut ada 105 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Mereka ialah Jemaah Tablig di India dan Pakistan.

Retno mengatakan, ada 1.148 WNI yang menjadi jemaah tablig di 13 negara. Sebagian dari mereka tercatat sudah kembali ke Indonesia di antaranya, delapan orang sudah kembali dari Maroko, enam orang dari Thailand dan lima orang dari Jordania.

"Saat ini jumlah Jemaah Tablig yang masih di luar negeri 1.129 orang," kata Retno dalam konferensi pers melalui virtual, Rabu (29/4/2020).

Dari 1.129 Jemaah Tablig asal Indonesia itu, terdapat 105 WNI yang dinyatakan positif Covid-19. Masing-masing terdiri dari 30 Jemaah Tablig di Pakistan dan 18 di antaranya sudah dinyatakan sembuh serta di India sebanyak 75 Jemaah Tablig asal Indonesia positif Covid-19 yang 44 orang di antaranya sudah sembuh.

Terkait penanganan WNI Jemaah Tablig di Indonesia, Retno mengemukakan sudah ada komunikasi antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri India Narendra Modi. Dalam pembicaraan yang dilakukan sehari yang lalu, kedua belah pihak bersepakat menugaskan masing-masing Menlu untuk menindaklanjuti pembicaraan kedua pemimpin tersebut.

Retno mengungkapkan, pihaknya secara aktif terus memantau dan berkoordinasi dengan otoritas India mengenai keselamatan dan keamanan Jemaah Tablig asal Indonesia.

"Kita juga melakukan komunikasi dengan wakil-wakil jemaah tablig Indonesia dan juga melakukan pendampingan hukum dan kekonsuleran terutama bagi mereka yang saat ini tengah menghadapi masalah hukum," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS