Rapid Test saat Mendarat di Bandara Soetta, 131 WNI Positif Corona

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
Rapid Test saat Mendarat di Bandara Soetta, 131 WNI Positif Corona
Tangkap layar foto 131 penumpang yang baru mendarat di Bandara Soetta. (istimewa).

"...Terdapat 131 penumpang yang reaktif terhadap COVID-19."

Suara.com - Beredar sejumlah foto di media sosial yang menyatakan ada 131 penumpang pesawat yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Foto tersebut menyebutkan satu pesawat dinyatakan positif virus corona COVID-19.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta Anas Ma’ruf membenarkan peristiwa dalam foto itu.

Dia mengatakan jika peristiwa itu terjadi di Terminal 3 Bandara Soetta pada 15 Mei 2020 saat penanganan kedatangan penerbangan internasional repatriasi WNI menggunakan Wamos Air yang mendarat di Soekarno-Hatta pada 15 Mei 2020 dari Barbados.

Tangkap layar foto petugas medis berpakaian APD lengkap saat melakukan pemeriksaan di Bandara Soetta. (istimewa).
Tangkap layar foto petugas medis berpakaian APD lengkap saat melakukan pemeriksaan di Bandara Soetta. (istimewa).

Anas memaparkan dalam pesawat itu terdapat 203 WNI yang berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK) yang pulang ke tanah air.

Sesuai dengan protokol kesehatan, petugas personel KKP dengan APD dan baju hazmat langsung melakukan penanganan skrining kekarantinaan kesehatan termasuk melakukan rapid test terhadap seluruh penumpang pesawat.

"Dan memang, berdasarkan laporan perwakilan pemerintah RI di luar negeri terdapat penumpang yang Reaktif pada tes cepat COVID-19. Terdapat 131 penumpang yang reaktif terhadap COVID-19," kata Anas di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Setelah itu, seluruh penumpang langsung diantar di RS Darurat Corona Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Begitu turun dari pesawat, penumpang langsung diantar ke RSDC Wisma Atlet, tidak melalui terminal penumpang,” jelas Anas.

Anas menegaskan penanganan penumpang yang tergambar di foto tersebut bukan terjadi di penerbangan domestik.

Senior Manager of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga mengatakan sebelumnya pesawat itu berangkat dari Barbados, pihaknya sudah mengetahui ada penumpang dengan positif COVID-19.

Maka setibanya di Bandara Soetta, protokol khusus sebagai langkah antisipasi pun dijalankan.

"Pesawat tidak diarahkan merapat ke terminal penumpang, tapi diarahkan untuk parkir di apron yang telah ditetapkan untuk karantina dan isolasi pesawat. Kemudian, personel medis langsung melakukan pengecekan di lokasi tersebut. Setelah itu, dari apron tersebut penumpang langsung menuju RS Darurat Wisma Atlet,” ungkap Febri Toga.

Sebelumnya beredar sebuah foto di media sosial twitter yang disebarkan akun @Ekopratiknyo2 dengan narasi "Masya Allah. dalam satu pesawat ditemukan 131 positif covid 19 bener nggak ya beritanya. Mirisss," tulisnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS