Karyawan BUMD di DKI Urunan Donasi Penanganan Corona, Begini Reaksi Anies

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih
Karyawan BUMD di DKI Urunan Donasi Penanganan Corona, Begini Reaksi Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Ist)

Salah satu BUMD yang karyawannya menyalurkan bantuan adalah Bank DKI, jumlah donasinya bahkan mencapai Rp 50 miliar

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bantuan untuk penanganan virus corona Covid-19 dari berbagai pihak terus bertambah. Bahkan donasi juga datang dari para karyawan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Anies mengatakan, salah satu BUMD yang karyawannya menyalurkan bantuan adalah Bank DKI. Jumlah donasinya bahkan mencapai Rp 50 miliar.

“Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karyawan Bank DKI yang ikut turun tangan menyelesaikan tantangan yang kita hadapi (pandemi Covid-19),” ujar Anies di Balai Kota, Selasa (19/5/2020).

Anies menyatakan, dalam penanganan virus corona tak bisa hanya datang dari pemerintah saja. Berbagai elemen masyarakat juga diperlukan uluran tangannya.

Karena itu, pihaknya menyiapkan kanal bantuan untuk memudahkan penyaluran bantuan, yakni Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) melalui situs corona.jakarta.go.id/ksbb. Situs tersebut juga merupakan kanal yang dimanfaatkan Bank DKI untuk menyalurkan bantuan kepada warga Jakarta.

“Kita ingin agar saudara-saudara terbantu, terutama yang tidak memiliki tabungan yang cukup, dan pendapatan yang sifatnya harian, kemudian terhambat kehidupannya sehari-hari akibat Covid-19,” ujar Anies.

Bantuan dalam bentuk apapun, kata Anies perlu dilakukan dalam masa pembatasan interaksi. Pasalnya ia sendiri harus memilih antara membebaskan interaksi demi kelangsungan ekonomi atau pembatasan demi keselamatan.

“Nah ini situasi di mana kita tidak bisa melakukan bersamaan (membatasi interaksi atau membebaskan interaksi), tapi kita harus memilih,” katanya.

Diketahui, Bank DKI menyalurkan bantuan kemanusiaan senilai total Rp 5 miliar untuk mendukung penanganan COVID-19 di DKI Jakarta. Bantuan tersebut terdiri dari partisipasi pada program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) senilai Rp 2,25 Miliar, pemberian Alat Pelindung Diri senilai Rp 844,5 juta dan bantuan kemanusiaan tim medis sebesar Rp 638 juta.

Sebelumnya Bank DKI juga telah melaksanakan berbagai program CSR sebesar Rp 1,3 miliar untuk penanganan Covid-19. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis dari Direktur Utama Bank DKI, Zainuddin Mappa kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Zainuddin Mappa menjelaskan, penyerahan bantuan tersebut bersumber dari donasi karyawan, Bank DKI Peduli, anggaran CSR Bank DKI dan Unit Pelayanan Zakat Bank DKI.

Untuk KSBB bersumber dari donasi karyawan, untuk pemberian Alat Pelindung Diri bersumber dari Bank DKI Peduli yang terkumpul dari kepedulian nasabah dan juga karyawan Bank DKI melalui Unit Pelayanan Zakat Bank DKI, sedangkan untuk bantuan konsumsi tim medis bersumber dari anggaran CSR Bank DKI.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS