Pendiri PAN: Saya Heran Bahar Smith dan Umar Assegaf Banyak Pendukungnya

Rendy Adrikni Sadikin | Ruhaeni Intan
Pendiri PAN: Saya Heran Bahar Smith dan Umar Assegaf Banyak Pendukungnya
Abdillah Toha (Twitter).

"Apa kira-kira penyebabnya? Bisa jadi kebencian yang dipupuk menjadi kekuatan mereka bersama."

Suara.com - Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Abdillah Toha tak habis pikir Habib Bahar bin Smith dan Habib Umar Assegaf masih didukung oleh banyak orang. Pasalnya, ia menilai jika keduanya telah melakukan pelanggaran berat.

Seperti diketahui, Habib Bahar dipenjara karena kasus penganiayaan anak sementara Habib Umar baru-baru ini jadi sorotan publik karena bersikap arogan saat ditegur oleh petugas sebab melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Mengherankan, penganiaya anak seperti Bahar Smith atau penantang penegak hukum seperti Umar Assegaf masih banyak pendukungnya yang membela," kata Abdillah via akun Twitter-nya @AT_AbdillahToha.

Ia pun menduga-duga apa penyebab kedua tokoh itu masih dicintai oleh para pendukungnya mengingat kesalahan yang mereka lakukan mengundang pro-kontra masyarakat.

Cuitan Abdillah Toha Pendiri PAN (Twitter).
Cuitan Abdillah Toha Pendiri PAN (Twitter).

Dugaan Abdillah, hal itu karena kebencian yang dipupuk bersama sehingga menjadi kekuatan kelompok yang semakin menguatkan mereka.

"Apa kira-kira penyebabnya? Bisa jadi kebencian yang dipupuk menjadi kekuatan mereka bersama," katanya.

Padahal, menurutnya, salah satu poin penting dalam beragama adalah mengasihi antar sesama. Bukan memupuk kebencian di antara sesama umat seperti dugaan Abdillah.

"Padahal inti agama adalah kasih sayang dan akhlak," pungkasnya.

Cuitan itu pun sontak menuai berbagai reaksi dari warganet. Sebagian mengamini perkataan Abdillah Toha, seperti yang diungkapkan oleh akun @syakib_sidqi.

"Alhamdulillah. Masih ada tokoh agama yang terang-terangan membela yang benar. Terima kasih Buya," tulisnya.

"Memang sangat memprihatinkan pak. Ada yang salah dengan anak bangsa saat ini. Begitu mudahnya membenarkan dan menerima kesalahan. Tetapi begitu sulitnya membenarkan dan menerima kebenaran," kata @J_Aryoko.

"Ya Allah, mudah-mudahan semua ini tidak mencoreng Islam," tulis @Rusdiavisena.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS