Berenang Melintasi Parit, Pria Ini Ditangkap Setelah Terobos Istana Jepang

Reza Gunadha | Fitri Asta Pramesti
Berenang Melintasi Parit, Pria Ini Ditangkap Setelah Terobos Istana Jepang
Istana Kekaisaran Jepang yang berada di Tokyo. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Pria berusia 40 tahun ini ditangkap setelah menginjakkan kaki di halaman istana

Suara.com - Kepolisian Jepang menangkap seorang pria yang nekat menerobos masuk ke Istana Kekaisaran dengan berenang melintasi parit dan memanjat tembok.

Menyadur Channel News Asia, insiden ini terjadi ada Senin (25/5). Pria tersebut berhasil masuk ke pekarangan istana.

Otoritas berwenang menyebutkan penerobos berusia sekitar 40 tahun. Ia ditangkap saat tengah berada di halaman istana pada pagi hari.

Di hari penerobos ditangkap, pihak kerajaan yang dalam hal ini Kaisar Naruhito dijadwalkan akan mengadakab upacara penanaman padi di tempat lain yang masih termasuk ke dalam properti kekaisaran.

Juru bicara kepolisian Tokyo mengatakan aksi mengakses istana secara ilegal ini tidak menganggu berlangsungnya upacara penanaman padi.

Sejauh ini, belum ada keterangan lebih lanjut terkait motif maupun identitas dari si pelaku.

Penyerangan istana Senin (25/5) lalu ternyata bukan yang kali pertama. Sebelumnya, kasus serupa juga terjadi tiga kali, pada 2008, 2012 dan 2013.

Dua pria yang mengaku sebagai turis Inggris ditangkap pada 2013 setelah berenang melintasi parit untuk masuk ke area istana. Saat dicokok, keduanya hanya memakai pakaian dalam, berdasarkan laporan Kyodo News.

Senada, pada 2012 seorang pria juga ditahan setelah ketahuan menginjakkan kaki di halaman istana dengan hanya mengenakan pakaian dalam. Pelaku yang berasal dari Jepang ini mengaku ini bertemu dengan sang kaisar.

Sementara pada 2008, lelaki asal Inggris ditangkap pihak berwenag setelah ketahuan terang-terangan melintasi parit dan memanjat tembok untuk masuk ke istana. Pria ini disebutkan telanjang saat diamankan polisi.

Istana Kekaisaran Jepang yang berada di Tokyo merupakan salah satu destinasi wisata populer. Meski sebagian lahan terbuka untuk umum, namun sebagian besar kawasan merupakan area terlarang yang dijaga oleh petugas kepolisian.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS