Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Kaesang Putra Jokowi Pernah Pakai Kaos Palu Arit?

Reza Gunadha | Ruhaeni Intan
CEK FAKTA: Benarkah Kaesang Putra Jokowi Pernah Pakai Kaos Palu Arit?
Hoaks Kaesang Pangarep pakai kaos gambar palu arit (Turnbackhoax.id).

Beredar foto Kaesang Pangarep memakai kaos berlambang palu arit simbol komunisme.

Suara.com - Belum lama ini, isu komunisme kembali ramai diperbincangkan di media sosial. Tersebar informasi bahwa ada beberapa tokoh yang dikaitkan dengan paham tersebut. Tak terkecuali Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo. 

Salah seorang pengguna Facebook bernama Zul Arlis Acwa membagikan foto Kaesang memakai kaos berwarna hitam. Namun, yang mencuri perhatian, di bagian dada sebelah kanan pada kaos itu terdapat lambang palu arit.

"Betul kata orang dulu. Buah kalau jatuh tak akan jauh dari pohonnya," tulis Zul Arlis Acwa via Facebook.

Hoaks Kaesang Pangarep pakai kaos gambar palu arit (Facebook).
Hoaks Kaesang Pangarep pakai kaos gambar palu arit (Facebook).

Gambar tersebut lantas dikirim ke sebuah grup Facebook bernama Prabowo Pilihan Pasti 2019, Save NKRI Save Pancasila.

Namun, apakah benar kaos yang dipakai Kaesang bergambar palu arit?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, diperoleh fakta bahwa gambar tersebut telah diedit dari gambar aslinya.

Foto Kaesang diperoleh dari sebuah berita yang dimuat di situs media online. Namun, dalam foto aslinya, ia tidak memakai kaos berlambang palu arit. Yang ia pakai adalah kaos berwarna hitam polos.

Sementara itu, Kaesang pernah memberikan klarifikasi terkait kaos tersebut. Sebelumnya, pada tahun 2019, berita soal dirinya memakai kaos berlambang palu arit pernah tersebar luas di media sosial.

Cuitan klarifikasi Kaesang soal kaos gambar palu arit (Twitter).
Cuitan klarifikasi Kaesang soal kaos gambar palu arit (Twitter).

"...lihat aja sendiri. Tapi kita nalar sama pakai akal sehat aja, masak saya pakai kaos ada lambang begituan?" tulis Kaesang via akun Twitter-nya @kaesangp.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS