alexametrics

Reaksi Warga Jakarta soal PSBB Transisi: Dari Takut hingga Dibikin Santai

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah
Reaksi Warga Jakarta soal PSBB Transisi: Dari Takut hingga Dibikin Santai
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan PSBB Jakarta diperpanjang ini sebagai masa transisi menuju new normal (Screenshot YouTube Pemprov DKI Jakarta)

"Sekarang tinggal bagaimana warganya yang harus patuh sama peraturan yang sudah dibuat sesuai dengan protokol kesehatan," ungkapnya.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Namun PSBB kali disebut sebagai masa transisi kenormalan baru alias new normal dan warga diperkenankan kembali melakukan aktivitas di luar rumah.

Kebijakan Anies tersebut mendapat berbagai komentar dari sejumlah pihak, termasuk sejumlah warga yang melakukan aktivitasnya di DKI Jakarta.

Salah satu warga bernama Firhan Aldiansyah (25), mengaku sempat merasa khawatir dengan diperbolehkannya kembali sejumlah warga beraktivitas di luar rumah. Apalagi, ia mengaku kerap mengandalkan jasa trasnportasi umum seperti Transjakarta.

Baca Juga: Pengacara Jamin Ruslan Buton Kooperatif: Yang Kabur Koruptor, Kaya Nurhadi

"Awalnya sih takut karena bersinggungan sama orang lain yang kita enggak tahu gimana kondisi kesehatan dan kebersihannya, tapi ya balik lagi karena kita terbiasa dengan terapin protokol kesehatan buat diri sendiri, lama kelamaan ini emang jadi sebuah kebiasaan baru," kata Firhan kepada Suara.com di Jakarta, Jumat (5/6/2020).

Meski mengaku mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Firhan menegaskan, semua warga harus benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Sekarang tinggal bagaimana warganya yang harus patuh sama peraturan yang sudah dibuat sesuai dengan protokol kesehatan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Firhan menuturkan, sebagai warga ia harus bisa beradaptasi melakukan aktivitas di tengah masa pandemi virus Covid-19. Ia pun berharap kebijakan Pemprov DKI Jakarta ini bisa dimaksimalkan.

"Untuk pemerintah semoga bisa maksimal dalam menerapkan aturan untuk menangani covid-19 ini, jadi semua warga khususnya juga untuk pekerja yang punya mobilitas tinggi di luar rumah bisa merasa aman dan nyaman," tuturnya.

Baca Juga: Salat Jumat Perdana di Masa Pandemi Corona, Begini Perasaan Para Jemaah

Sementara itu, terpisah, Herman (39), warga Depok yang sehari-hari bekerja di Jakarta, mengatakan, di masa PSBB transisi memang masyarakat harus benar-benar disiplin.

Komentar