Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Kaesang Sebut Bisa Atasi Corona Jika Jadi Gubernur DKI?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Kaesang Sebut Bisa Atasi Corona Jika Jadi Gubernur DKI?
Cek fakta: benarkah Kaesang menyebut bisa mengatasi virus corona? (Turnbackhoax.id)

"Kini keasang pengarep mau ngikuti teori bpk nya...buah jatuh tak jauh dari pohonnya," bunyi unggahan sebuah akun Facebook.

Suara.com - Beredar sebuah tangkapan layar berupa artikel berita yang mencantumkan judul "Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya".

Artikel dari sebuah media ini kemudian dibagikan oleh seorang penggguna Facebook bernama Andrian dengan narasi sebagai berikut:

"Keasang pengarep(pengharap) menyebutkan dirinya mampu menangani virus Corona di Jakarta asal menjadi gubernur DKI...
Virus Corona hanya isu pemerintah..

Sama seperti Jokowi bpknya dulu seperti itu cara nya..jokowi hanya menjual diri popularitas tak lebih dari seorang penyanyi..arti nya Jokowi bkn lah seorang yg pintar mengelola perekonomian negara ...

Ini popularitas Jokowi yg tak lebih dari seorang penyanyi...berikut perkataan Jokowi dulu ..yg kini di teori nya di tiru keasang pengarep..

Jokowi; saya bisa mengatasi banjir Jakarta asal saya menjadi gubernur..
waktu masih menjadi walikota solo..
namun Setelah menjadi gubernur bersama wakil nya Ahok.. banjir Jakarta blm teratasi.. kemudian Jokowi berstedmend lagi..

Jokowi:banjir Jakarta blm bisa diatasi ..banjir jakarta bisa di atasi jika saya (Jokowi) bila saya menjadi presiden...

Kemudian Jokowi terpilih menjadi presiden di pilpres yg wakil nya Yusud Kalla...kemudian di priode pertama Jokowi menjabat sebagai presiden ... banjir Jakarta blm jg teratasi..

Kemudian Jokowi mengeluarkan popularitas nya lagi ..yg lebih dari seorang penyanyi...
Jokowi berstedmend lagi...banjir Jakarta bisa di atasi bila saya (Jokowi) dua periode..alasan Jokowi satu periode jangka yg pendek untuk menangani banjir Jakarta...
Kemudian pilpres 2019 Jokowi terpilih lagi menjadi presiden yg di dampingi ma'ruf amin..
Namun perkatan Jokowi tak luput dari incaran media yg masih membekas di benak... tentang janji Jokowi masalah banjir Jakarta..
Kemudian Jokowi berstedmend lagi ..banjir TDK bisa di atasi..solusi nya pindah ibu kota...
Ngaakaaaakkk
bahwa kita tau banjir Jakarta memang yg sebenar nya banjir Jakarta TDK bisa di atasi .karna banjir Jakarta SDH menjadi momok sang ibu kota dari dulu..
Jadi Jokowi jual popularitas tak lebih dari seorang penyanyi...yg sebenar nya blm bisa menjadi seorang presiden..tapi pemilih tlh tertipu dgn popularitas yg sebatas seorang penyanyi
Kini keasang pengarep mau ngikuti teori bpk nya...buah jatuh tak jauh dari pohonnya
Sang ibu kota menangis menunggu janji Jokowi ...yg kini terus menerus memikul beban air di punggung nya...kemudian ibu kota berpegang ke satu amanah ..yaitu:
Bila suatu amanah di titipkan kepada yg bkn ahli nya maka tunggu lah kehancuran nya..."

Cek fakta: benarkah Kaesang menyebut bisa mengatasi virus corona? (Turnbackhoax.id)
Cek fakta: benarkah Kaesang menyebut bisa mengatasi virus corona? (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah Kaesang menyebut bahwa dirinya bisa mengatasi corona jika menjadi gubernur DKI Jakarta?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -jaringan Suara.com, klaim yang menyebutkan bahwa Kaesang Pangarep mampu menangani virus corona jika menjadi Gubernur DKI Jakarta adalah klaim yang salah.

Tidak ada pernyataan dari Kaesang Pangarep yang menyatakan dia mampu menangani virus corona.

Sementara itu, artikel yang diunggah oleh pengguna Facebook bernama Andrian itu merupakan artikel periksa fakta yang membantah klaim kabar tersebut.

Selain itu, Hoax Crisis Center Jawa Barat juga telah membuat artikel periksa fakta pada 25 Mei 2020 lalu yang menyatakan bahwa tidak ada pernyataan Kaesang yang menyebut bahwa virus corona di Jakarta akan mudah ditangani jika dirinya menjadi gubernur.

Jika ditelusuri jabaran artikel berjudul "Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya" itu, akan ditemukan narasi penjelasan fakta yang menyebutkan bahwa foto yang dipakai dalam konten hoaks itu adalah hasil suntingan yang diambil dari lama Instagram Kaesang Pangarep.

Dalam unggahan Instagram itu, Kaesang tidak menyinggung pembahasan mengenai Pilkada dan rencananya dalam memimpin DKI Jakarta.

Cek fakta: benarkah Kaesang menyebut bisa mengatasi virus corona? (Turnbackhoax.id)
Cek fakta: benarkah Kaesang menyebut bisa mengatasi virus corona? (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim yang menyebut bahwa Kaesang mengatakan mampu mengatasi virus corona di Jakarta jika dirinya menjadi gubernur DKI adalah klaim yang salah. Unggahan tersebut masuk dalam berita hoaks dengan kategori sebagai konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS