Klaim Angka Reproduksi Corona Turun 0,01, Anies: Kado Ulang Tahun Jakarta

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Klaim Angka Reproduksi Corona Turun 0,01, Anies: Kado Ulang Tahun Jakarta
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5). . [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

"Dan dilaporkan bahwa ketika di-review kekhawatiran ketika ada lonjakan tidak terjadi. Justru angka R-nya menjadi 0,98," jelasnya.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim mendapatkan kabar adanya penurunan angka reproduksi Corona atau Reproduction Effective (Rt) pagi ini.

Karena bertepatan dengan hari ulang tahun Jakarta ke 493, Anies menganggap kabar itu sebagai kado ulang tahun.

Anies mengatakan laporan ini datang dari tim epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI). Menurutnya setelah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi berjalan dua pekan, wabah corona sudah bisa terkendali.

"Tadi pagi jam 06.30 WIB laporan dari tim Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia yang menyampaikan bahwa dua minggu masa transisi wabah terkendali di Jakarta," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/6/2020).

Dalam laporan itu, Rt Covid-19 DKI disebut turun jadi 0,98. Pada awal pengumuman PSBB transisi 5 Mei lalu, angkanya adalah 0,99.

Menurut Anies penurunan 0,01 ini menunjukan tidak adanya kenaikan penularan corona yang signifikan setelah aturan pembatasan dilonggarkan.

"Dan dilaporkan bahwa ketika di-review kekhawatiran ketika ada lonjakan tidak terjadi. Justru angka R-nya menjadi 0,98," jelasnya.

Karena itu, ia mengklaim penurunan angka ini saat PSBB transisi sebagai bukti wabah Covid-19 sudah terkendali. Ia menganggap hal ini sebagai kado yang baik bagi ibu kota.

"Seakan 22 juni ini kado bagi masyarakat Jakarta bahwa di saat kita memperingati HUT kota ini pada saat ini juga Alhamdulillah pandemi yang pernah besar di Jakarta saat ini sudah terkendali," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS