Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Tidur Setelah Menangis Tanpa Cuci Muka Sebabkan Mata Bintitan?

Reza Gunadha | Rifan Aditya
CEK FAKTA: Tidur Setelah Menangis Tanpa Cuci Muka Sebabkan Mata Bintitan?
CEK FAKTA, konten yang klaim tidur setelah menangis tanpa cuci muka menyebabkan mata bintitan (Turnbackhoax.id)

Benarkah tidur setelah menangis tanpa cuci muka menyebabkan mata bintitan?

Suara.com - Seorang wanita mengaku mengalami bintitan hingga harus dioperasi. Ia mengklaim penyebabnya karena menangis dan tidak mencuci muka sebelum tidur.

Klaim ini disampaikan melalui aplikasi TikTok dan kemudian beredar luas di media sosial.

Berikut ini narasi yang ditulisnya.

"guys jangan pernah nangis langsung tidur tanpa cuci muka, aku nangis sampe bengkak trus aku langsung tidur besok pagi nya mataku kaya muncul Bentolan i think “ah bintitan” akhirnya ak beli salep bintitan sekitar 3 hari ga kempes” malah tambah besar. finally, aku ke dokter mata. dan langsung dibilang harus operasi sekarang juga. akhirnya aku dioperasi jadi di dalam kelopak aku isinya Nanah banyak karena bakteri menyebar."

CEK FAKTA, konten yang klaim tidur setelah menangis tanpa cuci muka menyebabkan mata bintitan (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA, konten yang klaim tidur setelah menangis tanpa cuci muka menyebabkan mata bintitan (Turnbackhoax.id)

Dalam unggahan di aplikasi TikTok tersebut, diperlihatkan wajah seorang wanita yang salah satu matanya ditutup perban. Wanita itu tampak berbaring.

Benarkah tidur setelah menangis tanpa cuci muka menyebabkan mata bintitan?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Selasa (30/6/2020), klaim bahwa tidur setelah menangis tanpa cuci muka menyebabkan mata bintitan adalah tidak benar.

Dokter spesialis mata bidang retina di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, dr Grimaldi Ihsan membantah klaim dalam unggahan TikTok tersebut.

"Tidak benar kalau (infeksi itu) disebabkan oleh menangis kemudian tidur," kata Grimaldi, dilansir Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Lebih lanjut, dr Grimaldi menduga penyakit yang dialami si wanita adalah selulitis. Selulitis merupakan infeksi pada jaringan lunak yang terdapat di rongga mata yang meliputi otot dan jaringan lemak.

"Karena tidak terlihat seperti apa gangguannya, (tertutup kasa), seperti itu lebih ke arah selulitis di kelopak mata, jadi kayak bisul gitu," jelasnya.

Penjelasan Cek Fakta, tidur setelah menangis tanpa cuci muka menyebabkan mata bintitan adalah tidak benar (Turnbackhoax.id)
Penjelasan Cek Fakta, tidur setelah menangis tanpa cuci muka menyebabkan mata bintitan adalah tidak benar (Turnbackhoax.id)

Grimaldi menambahkan, ketika menangis, kemudian kita mengucek-ucek mata padahal tangan tidak bersih, maka dapat menjadi kontaminasi.

Ia juga memperkirakan, infeksi yang dialami perempuan tersebut juga dapat disebabkan oleh bakteri gara-gara kurang bersihnya make up pada wajah. Kondisi itu akhirnya menimbulkan penumpukan kotoran dan menginfeksi ke dalam kelopak mata.

Sementara itu, dilansir dari alodokter.com, Penyebab utama bintitan adalah infeksi bakteri Staphylococcus.

Bakteri ini hidup di kulit dan dapat menyumbat kelenjar minyak di kelopak mata, sehingga menimbulkan peradangan. Penyebab lain dari bintitan adalah kuman dan kulit mati yang terperangkap di ujung kelopak mata.

Menyentuh mata dengan tangan yang kotor, menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa, tidak membersihkan bekas kosmetik pada mata sebelum tidur, memakai lensa kontak yang tidak steril, mengalami peradangan pada ujung kelopak mata (blefaritis), dan mengalami penyakit rosacea yang menyebabkan kulit wajah memerah adalah faktor lain yang meningkatkan risiko terkena bintitan.

Kesimpulan

Jadi, postingan pengguna TikTok yang mengklaim tidur setelah menangis tanpa cuci muka menyebabkan mata bintitan termasuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan atau Misleading Content.

Referensi

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/27/110500065/hoaks-terlalu-lama-menangis-sebabkan-bintitan-pada-mata?page=all

https://www.alodokter.com/bintitan

https://turnbackhoax.id/2020/06/30/salah-tidur-sehabis-menangis-tanpa-cuci-muka-dapat-sebabkan-mata-bintitan/

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS