Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Ada Daftar Perlengkapan Wajib di Rumah Untuk Lawan Covid-19?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Ada Daftar Perlengkapan Wajib di Rumah Untuk Lawan Covid-19?
Fakta perlengkapan di rumah tangkal Covid-19 (Turnbackhoax.id)

Beredar daftar perlengkapan yang wajib disiapkan di rumah guna terhindar dari virus corona. Yuk, cek fakta selengkapnya!

Suara.com - Beredar pesan berantai WhatsApp tentang daftar perlengkapan yang harus disiapkan di rumah untuk menghadapi Covid-19. Beberapa perlengkapan yang harus disediakan mulai dari tabung meter, oksimeter hingga beberapa obat-obatan.

Dalam pesan berantai tersebut juga disebutkan masyarakat diminta memakan makanan alkali. Makanan tersebut diklaim bisa menangkal Covid-19.

Berikut cuplikan kutipan isi pesan berantai:

"Kit Medis Covid Diperlukan dirumah:

Paracetamol dan Antibiotik, Obat kumur, Vitamin C dan D3, B Kompleks, UAP, Oksimeter, Tabung Oksigen (hanya untuk keadaan darurat), Latihan Pernafasan."

Benarkah klaim tersebut?

Fakta perlengkapan di rumah tangkal Covid-19 (Turnbackhoax.id)
Fakta perlengkapan di rumah tangkal Covid-19 (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Jumat (24/7/2020), klaim yang menyebutkan ada sejumlah peralatan wajib disiapkan untuk menangkal Covid-19 adalah klaim yang salah. Klaim tersebut tidak didukung dengan bukti yang kuat.

Pesan berantai serupa tidak hanya tersebar di Indonesia melainkan di beberapa negara lainnya. Pesan berantai tersebut telah dibantah dalam situs pencari fakta AFP Fact Check pada artikel berjudul "False list of ‘home treatments’ for COVID-19 circulates online".

Dalam artikel tersebut, Wakil Menteri Kesehatan Filipina, Dr. Maria Rosaria Vergeire yang menegaskan bahwa seluruh klaim tersebut tidak didukung dengan adanya bukti.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS