Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Didukung Jadi Presiden RI Seumur Hidup?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Didukung Jadi Presiden RI Seumur Hidup?
Presiden Joko Widodo (kelima kanan depan) berfoto bersama para pemimpin negara APEC dalam rangkaian KTT APEC di Da Nang, Vietnam, Sabtu (11/11/2017). [Antara/Pool]

Sebuah unggahan di Facebook menyebut bahwa Jokowi didukung pemimpin dunia untuk menjadi presiden seumur hidup.

Suara.com - Sebuah akun Facebook menanyakan persetujuan warganet jika Presiden Joko Widodo didukung oleh sejumlah pemimpin negara di dunia agar menjadi presiden seumur hidup.

Pengguna Facebook Yunus Pasanreseng Andi Padi mengunggah sebuah foto kala Presiden Jokowi tengah berdiri bersama beberapa pemimpin negara.

Narasi dalam foto itu tertulis, "Dukungan terhadap JOKOWI JADI PRESIDEN RI SEUMUR HIDUP".

Sementara itu si pengunggah foto membagikannya ke sebuah grup Facebook SETIA DUKUNG JOKOWI-MA'RUF AMIN #2019-2014 menuliskan caption, "Bagaimana teman² Pendukung Setia … "

Unggahan itu lantas menarik perhatian publik dengan mendapat likes sebanyak 2.8 ribu orang, 923 komentar, dan 64 kali dibagikan.

Cek fakta Jokowi didukung menjadi Presiden RI seumur hidup.
Cek fakta Jokowi didukung menjadi Presiden RI seumur hidup.

Lalu, apakah benar Presiden Jokowi didukung menjadi Presiden RI seumur hidupnya?

Penjelasan

Berdasarkan penjelasan Turnbackhoax.id -jaringan Suara.com, foto dengan klaim Jokowi didukung menjadi presiden seumur hidup oleh pemimpin dunia adalah klaim yang salah.

Foto yang dilampirkan tersebut bukan merupakan bentuk dukungan pemimpin dunia kepada Presiden Joko Widodo untuk menjadi Presiden RI seumur hidup.

Foto itu adalaah dokumentasi kegiatan alam acara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) leaders' summit yang diselenggarakan di Vietnam pada 11 November 2017 lalu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS