Jokowi: Ekonomi Global Penuh dengan Ketidakpastian

Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi: Ekonomi Global Penuh dengan Ketidakpastian
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pasar Pelayanan Publik di Banyuwangi, Kamis (25/6/2020). (Foto dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

"...Artinya sekali lagi masih dengan penuh dengan ketidakpastian."

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan situasi ekonomi global yang berkembang saat ini sangat dinamis dan penuh dengan ketidakpastian.

Menurutnya, beberapa lembaga keuangan dunia juga selalu merevisi prediksi pertumbuhan ekonomi global di tahun 2020 maupun tahun 2021.

"Beberapa lembaga keuangan dunia juga selalu merevisi prediksi-prediksi atas pertumbuhan ekonomi global di tahun 2020 maupun perkiraan di 2021. Artinya sekali lagi masih dengan penuh dengan ketidakpastian," ujar Jokowi dalam rapat terbatas membahas Rancangan Postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2021 melalui video conference, Selasa (28/7/2020).

Jokowi menuturkan IMF, Bank Dunia maupun OECD (Organization for Economic Co-Operation dan Development) meyakini perekonomian akan mulai tumbuh positif di tahun 2021. Bahkan, kata Jokowi, IMF memperkirakan ekonomi dunia akan tumbuh 5,4 persen.

"Ini sebuah perkiraan yang sangat tinggi menurut saya. Bank dunia 4,2, OECD 2,8 sampai 5,2 persen. Saya kira kalau perkiraan ini betul, kita akan berada pada posisi ekonomi yang juga mestinya itu di atas pertumbuhan ekonomi dunia," ucap dia.

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan Indonesia juga diproyeksikan masuk ke kelompok dengan pemulihan ekonomi tercepat setelah China.

Karena itu kata Jokowi, jika proyeksian tersebut benar, hal tersebut harus diapresiasi. Kendati demikian, Jokowi meminta agar jajarannya untuk tetap waspada dan melakukan antisipasi adanya kemungkinan -kemungkinan yang terjadi.

"Kalau proyeksi ini benar, saya kira patut kami syukuri. Namun kami tetap harus waspada, kemungkinan dan antisipasi kita terhadap resiko terjadinya gelombang kedua, second wave dan masih berlanjutnya sekali ketidakpastian ekonomi global di tahun 2021," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS