Profil Fadli Zon Terlengkap, dari Pendidikan sampai Karir yang Cemerlang

Dany Garjito
Profil Fadli Zon Terlengkap, dari Pendidikan sampai Karir yang Cemerlang
Ilustrasi Fadli Zon. (Suara.com/Ema Rohima)

Berikut ini profil lengkap Fadli Zon.

Suara.com - Profil Fadli Zon dikenal sebagai seorang politikus Indonesia dengan pernyataan-pernyataan yang kerap mengundang kontroversi. Jabatan terakhir yang diemban Fadli Zon ialah sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019.

Nama Fadli Zon kembali ramai menjadi perbincangan publik setelah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengumumkan bahwa Fadli masuk dalam daftar nama yang ikut dianugerahi Bintang Mahaputera Nararya.

Penghargaan ini merupakan kegiatan rutin yang diberikan oleh Jokowi setiap tahunnya sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang. Berikut ini profil lengkap Fadli Zon.

1. Latar Belakang Pendidikan Fadli Zon

Baca Juga: Profil Fahri Hamzah Terlengkap, dari Pendidikan sampai Karir

Fadli Zon merupakan putra sulung dari tiga bersaudara. Orang tua Fadli Zon berasal dari Minangkabau, Payakumbuh, Sumatera Barat bernama Zon Harjo dan Ellyda Yatim. Fadli lahir di Jakarta pada 1 Juni 1971.

Pria berusia 49 tahun ini pernah mengenyam pendidikan dasar di SDN Cibeureum 3 Bogor, Jawa Barat. Kemudian melanjutkan di SMP Fajar Jakarta Timur dan SMA Negeri 31, Jakarta Timur. Selain itu, Fadli Zon juga pernah menempuh pendidikan SMA di Amerika Serikat tepatnya Harlandale High School Texas USA.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (Suara.com/Novian).
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (Suara.com/Novian).

Usai lulus SMA, Fadli meneruskan kuliah S1-nya di Program Studi Rusia, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia dan lulus ketika dirinya berusia 26 tahun. Selanjutnya, ia meneruskan S2-nya di The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris dengan mengambil Master of Master of Science (MSc) Development Studies. Terakhir, ia kembali berkuliah di Universitas Indonesia dengan mengambil Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Selama mengenyam pendidikan di bangku kuliah, Fadli dikenal sebagai sosok yang aktif berorganisasi di kampus maupun di luar kampus. Fadli juga sempat dinobatkan menjadi mahasiswa berprestasi Universitas Indonesia peringkat I dan mahasiswa berprestasi tingkat nasional peringkat III.

Fadli Zon menikah dengan Katharine Grace dan dikaruniai dua orang putri bernama Zara Saladina Fadli dan Shafa Sabila Fadli.

Baca Juga: Profil Jerinx SID, Musisi yang Terseret Kasus Pencemaran Nama Baik

2. Karier Fadli Zon

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS