facebook

Cara Cek Status Kepesertaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id Situs BPJSTK

Rifan Aditya
Cara Cek Status Kepesertaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id Situs BPJSTK
Perkembangan teknologi semakin memudahkan layanan kepada konsumen. (Dok : BPJS Ketenagakerjaan)

Simak cara cek status kepesertaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Suara.com - Artikel ini masih berkaitan dengan tulisan sebelumnya yang membahas syarat dan tata cara pencairan subsidi gaji Rp 600 ribu. Dalam artikel kali ini kami akan mengulas cara cek status kepesertaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Calon penerima bantuan subsidi gaji Rp 600 ribu nampaknya masih harus bersabar. Kemarin (25/08/20), pemerintah mengumumkan bahwa pencarian program bantuan subsidi tersebut akan ditunda.

Pencairan bantuan tahap pertama rencananya akan dilakukan mulai Selasa, 25 Agustus 2020. Namun, penundaan dirasa perlu dilakukan untuk menambah waktu penyesuaian data para calon penerima bantuan.

Dikabarkan pula, pencarian bantuan subsidi gaji Rp 600 ribu ini paling lambat akan direalisasikan pada 31 Agustus 2020. Sembari menunggu pencarian tersebut, Anda terlebih dahulu dapat mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Baca Juga: Gaji Subsidi Cair Bertahap, DPR: Duitnya Ada, Tapi Datanya Enggak Siap

Anda dapat mengecek status kepesertaan tersebut melalui beberapa cara. Berikut ini cara cek status kepesertaan melalui https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/:

  1. Pertama, Anda perlu masuk ke tautan berikut http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Di halaman utama, masukkan alamat email dan kata sandi Anda.
  3. Setelah berhasil masuk, pilih menu 'Kartu Digital'.
  4. Klik kolom 'List Kartu Segmen Penerima Upah (PU)'.
  5. Kemudian, akan muncul tampilan baru yang memuat data diri termasuk status kepesertaan Anda.

Jika Anda lupa alamat email dan kata sandi, Anda dapat menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175.

Apabila belum terdaftar di laman tersebut, Anda perlu melakukan registrasi dengan cara:

  1. Pertama, masuk ke http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Kemudian pilih menu registrasi akun.
  3. Setelah muncul halaman registrasi, Anda akan diminta untuk mengIsi formulir data diri. Data yang diminta adalah nomor KPJ Aktif, nama lengkap, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel, dan alamat email.
  4. Jika proses registrasi berhasil, Anda akan mendapatkan PIN yang dikirim melalui email dan SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan.

Informasi lain yang bisa Anda dapatkan melalui laman resmi BPJS Ketenagakerjaan  adalah saldo bantuan subsidi gaji Anda. Dengan ini, Anda dapat mengetahui apakah bantuan tersebut sudah disalurkan atau belum.

Selain melalui laman resmi BPJS Ketenagakerjaan atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, Anda juga dapat mengecek status kepesertaan melalui aplikasi BPJSTK Mobile (BPJSTKU Personal Service), melalui SMS, atau datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Baca Juga: Besok, Pemerintah Transfer Subsidi Gaji Rp 600 Ribu ke 2,5 Juta Karyawan

Cara Login sso.bpjsketenagakerjaan.go.id Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Sebagai peserta, Anda harus mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile di gadget Anda. Kemudian setelah mengunduh, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN. Syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain adalah:

  • Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan).
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau e-KTP.
  • Tanggal lahir, dan nama lengkap.

Setelah terdaftar dan login, Anda dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK dengan memilih di "Kartu Digital". Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik pada tampilan tersebut, maka bagian bawah akan terlihat status kepesertaan BPJS TK aktif atau tidak aktif.

Cara Login sso.bpjsketenagakerjaan.go.id Website BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek status kepesertaan dan saldo juga bisa dilakukan melalui laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dengan mudah dan cepat.

Apabila belum terdaftar di laman tersebut, Anda bisa melakukan registrasi dengan cara masuk ke sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, lalu pilih menu registrasi.

Isi formulir sesuai dengan data berikut ini:

  • Nomor KPJ Aktif
  • Nama lengkap
  • Tanggal lahir
  • Nomor e-KTP
  • Nama ibu kandung
  • Nomor ponsel dan alamat email

Apabila berhasil, Anda akan mendapatkan PIN, di mana PIN tersebut akan dikirimkan melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan.

Setelah itu, Anda harus masuk sso.bpjsketenagakerjaan.go.id lagi dengan memasukkan alamat email di kolom user dan masukkan kata sandi.

Kemudian pilih menu layanan untuk cek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Cukup mudah, bukan?

Itu dia cara cek status kepesertaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Theresia Simbolon

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar