alexametrics

Ayat Al Quran Penenang Hati Saat Gelisah dan Sedih

Rifan Aditya
Ayat Al Quran Penenang Hati Saat Gelisah dan Sedih
Ilustrasi membaca al quran (unsplash)

Kamu sedang menghadapi berbagai permasalahan saat ini? Coba baca ayat Al Quran penenang hati berikut ini.

Suara.com - Kalian sedih, gelisah dan memiliki banyak kekhawatiran? Atau kamu sedang menghadapi berbagai permasalahan saat ini? Coba baca ayat Al Quran penenang hati berikut ini.

Al Quran diturunkan kepada Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat dari Allah SWT. Al Quran menjadi salah satu bukti yang tidak terbantahkan akan kebenaran Muhammad sebagai Rasulullah, sekaligus kebenaran Islam sebagai agama rahmatan lil'alamin.

Orang yang rajin membaca Al Quran dan mengamalkan isinya dijanjikan oleh Allah SWT akan menjadi penawar dan rahmat.

Dari ratusan surat dan ribuan ayat yang terdapat di dalam Al Quran, beberapa di antaranya bisa dibaca untuk menjadi penenang hati. Ketika hati sedang gelisah dan sedih, maka surat dan ayat-ayat ini bisa menjadi obatnya.

Baca Juga: Jadwal Puasa Bulan Muharram 2020, Kapan Puasa Asyura dan Tasua?

Ir. Abduldaem Al-Kaheel di dalam bukunya yang berjudul “Al-Qur`an The Healing Book” telah menyampaikan beberapa surat yang bisa dibaca untuk menenangkan hati dan menyembuhkan fisik dan psikis yang sedang tidak tenang. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Surat Al-Fatihah menjadi salah satu ayat Al Quran penenang hati yang paling mujarab. Bacalah Surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali.
  2. Membaca Ayat Kursi atau Al-Baqarah Ayat 255, yang diyakini punya posisi penting dalam penyembuhan jika dibaca bagi mereka yang sedang sakit. Allah SWT akan memelihara orang yang membacanya dari segala kejahatan, keburukan, dan penyakit. Ayat ini juga sangat disarankan untuk dibaca pada saat pagi dan sore hari.
  3. Membaca dua ayat terakhir surah Al-Baqarah. Rasulullah telah menyebutkan, barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah pada malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai keburukan, penyakit, rasa khawatir, dan gelisah.
  4. Surah Al-Ikhlas, yang setara dengan sepertiga Al Quran, sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW. Surat ini mengandung makna mendalam tentang sifat-sifat ke-Esaan Allah SWT yang tidak ada di ayat lainnya. Oleh karena itu, surat ini disebut sangat penting sekali untuk penyembuhan semua penyakit.
  5. Surah Al-Falaq dan An-Naas, yang bisa melindungi seorang mukmin. Ketika seorang mukmin berlindung kepada Allah SWT dan membaca dua surat ini, maka Allah SWT akan melindungi dan membentenginya dari berbagai macam keburukan penyakit.

Keutamaan Membaca Al Quran

Berikut ini beberapa keutamaan membaca Al Quran yang perlu diketahui:

  1. Rasulullah SAW dalam sabdanya mengatakan bahwa orang yang membaca satu huruf ayat Al Quran akan diberikan balasan oleh Allah SWT 10 kali lipat.
  2. Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Al Quran, mempelajari isi kandungannya, serta mengamalkannya setiap hari.
  3. Al Quran diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga, keutamaan membaca Al Quran baik di rumah ataupun di masjid akan mendapatkan ketenangan jiwa.
  4. Keutamaan membaca Al Quran dengan tartil akan mendapatkan syafaat atau pertolongan pada hari Kiamat.
  5. Memperbanyak membaca Al Quran akan mengantarkan kemudahan ketika menghadap Allah SWT.
  6. Rumah yang digunakan untuk membaca Al Quran akan dihadiri malaikat. Dan para penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.
  7. Orang yang mahir membaca Al Quran nantinya akan ditempatkan bersama malaikat-malaikat pencatat yang patuh kepada Allah yang selalu berbuat kebaikan.

Itulah beberapa keutamaan membaca Al Quran, dan inspirasi ayat Al Quran penenang hati yang perlu Anda ketahui.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Baca Juga: Doa Niat Puasa Senin Kamis Latin Lengkap dengan Keutamaannya