Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Jokowi Kabur Pura-pura Tinjau Tol saat Didemo Omnibus Law?

Rifan Aditya | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Jokowi Kabur Pura-pura Tinjau Tol saat Didemo Omnibus Law?
Fakta Jokowi kabur saat didemo (Turnbackhoax.id)

Benarkah Jokowi kabur berpura-pura meninjau tol saat didemo massa aksi tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja? Simak fakta selengkapnya berikut!

Suara.com - Beredar narasi yang menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarikan diri saat didemo oleh rakyat terkait pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Dalam narasi tersebut disebutkan Jokowi sengaja kabur dengan berpura-pura melakukan peninjauan tol untuk menghindari massa aksi demo di Jakarta.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Atok Cahmrogan.

Akun tersebut juga menyertakan tautan media Sindonews berjudul 'Jokowi Pergi ke Luar Kota, Istana Bantah Hindari Demo Tolak Omnibus Law'.

Baca Juga: Soal Aksi Pembakaran Saat Demo, BEM SI: Pelaku Bukan Mahasiswa

Berikut narasi yang dimuat oleh akun tersebut:

"Bilangnya 'kangen didemo' eeh kabur lagi seperti dulu pura-pura tinjau tol sampe kebelet kencing."

Benarkah klaim tersebut?

Fakta Jokowi kabur saat didemo (Turnbackhoax.id)
Fakta Jokowi kabur saat didemo (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Senin (12/10/2020), klaim yang menyebut Jokowi kabur saat didemo adalah klaim yang keliru.

Baca Juga: Kemendikbud Larang Mahasiswa Demo, P2G: Kampus Merdeka hanya Jargon Kosong!

Dalam artikel yang dimuat Sindonews.com, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan agenda Jokowi pada Rabu (7/10/2020) dipenuhi dengan rapat secara virtual di Istana Bogor kemudian dilanjutkan dengan terbang ke Yogyakarta.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS