alexametrics

Cara Membuat Paspor untuk Umroh Secara Online

Rifan Aditya
Cara Membuat Paspor untuk Umroh Secara Online
Ilustrasi cara membuat paspor untuk umroh - Warga pemohon merekam data biometriknya saat pembuatan paspor oleh Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat di Graha BNI, Jakarta, Minggu (28/10). (Suara.com/Fakhri Hermansyah)

Berikut ini cara membuat paspor untuk umroh secara online lengkap dengan syarat dokumennya.

Suara.com - Bagi umat Islam yang mampu secara fisik dan perekonomian, ibadah umroh dan haji jadi salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan untuk melengkapi rukun Islam. Namun, untuk bisa berumroh atau haji, umat muslim harus memiliki paspor agar bisa sampai ke Mekkah. Lantas bagaimana cara membuat paspor untuk umroh?

Paspor merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara terutama jamaah umroh saat hendak bepergian ke luar negeri atau Mekkah. Kini, pembuatan paspor tak perlu mengantre berlama-lama karena bisa dibuat secara online. Nah, berikut ini cara membuat paspor untuk umroh secara online terlengkap. 

1. Persiapkan Dokumen

Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan saat membuat paspor umroh secara online. Dokumen ini nantinya akan diserahkan ke pihak imigrasi. Berikut beberapa dokumen untuk membuat paspor umroh

Baca Juga: Cara Membuat Paspor Beda Domisili

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta Kelahiran
  • Surat Nikah (Bagi yang telah menikah)
  • Surat Rekomendasi dari travel umroh

Selanjutnya, scan semua berkas dokumen di atas dalam bentuk file jpeg berwarna hitam putih, dan size maksimalnya 1.8 Mb. Lalu, unggah file-file tersebut ke website imigrasi.go.id. 

  • Pilih opsi 'Layanan Paspor Online'.
  • Lengkapi data secara benar dan sesuai dengan KTP atau kartu identitas lainnya.
  • Unggah dokumen dalam bentuk file jpeg. 
  • Isi alamat kantor imigrasi terdekat dari tempat tinggal Anda untuk pengambilan paspor dan foto. 

2. Print Formulir Pendaftaran

Setelah mengisi dan mengunggah dokumen, langkah berikutnya adalah print form yang sudah diisi pada website. Lalu, tulis di atas form tersebut 'Formulir Permohonan Paspor' agar petugas tahu bahwa Anda telah menyerahkan dokumen lainnya secara online. Kemudian, tunjukkan barcode yang ada pada formulir ke petugas. 

3. Mendatangi Kantor Imigrasi

Langkah berikutnya ialah datang ke kantor imigrasi terdekat dengan membawa materai 6000, dokumen asli, fotocopy dokumen. Lalu, isi data berupa nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, negara tujuan, dan tujuanmu. Pada bagian nama, jamaah umroh wajib mengisi tiga suku kata nama tanpa gelar. 

Baca Juga: Cara Buat Paspor Anak yang Orang Tua Cerai

4. Pembayaran, Foto dan Wawancara

Komentar