alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah SBY Berikan Restu pada Anies Baswedan Menuju RI 1?

Reza Gunadha | Dwi Atika Nurjanah
CEK FAKTA: Benarkah SBY Berikan Restu pada Anies Baswedan Menuju RI 1?
CEK FAKTA: Benarkah SBY Berikan Restu pada Anies Baswedan Menuju RI 1? (twitter.com/bewoking)

Benarkah SBY memberikan restu pada Anies Baswedan melenggang menuju RI 1? Cek faktanya berikut ini!

Suara.com - Beredar sebuah narasi yang menyebut mantan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan restu pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk melenggang menuju RI 1.

Klaim tersebut dibagikan pengguna akun Twitter bernama @bewoking pada Rabu (10/2/2021) lalu. Cuitan tersebut telah mendapat 4.785 suka dan 1.150 Retweet.

Cuitan itu berisi narasi:

"Insaallah restu pak beyye buat mas @aniesbaswedan Menuju RI 1. Cebong g boleh RT ya".

Baca Juga: Heboh! Sopir Angkot di Cianjur Nyetir Sambil 'Ngelem'

Tampak pula foto SBY dan Anies Baswedan tengah berjabat tangan.

CEK FAKTA: Benarkah SBY Berikan Restu pada Anies Baswedan Menuju RI 1? (turnbackhoax.id)
CEK FAKTA: Benarkah SBY Berikan Restu pada Anies Baswedan Menuju RI 1? (turnbackhoax.id)

Lantas, benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim yang menyebut SBY telah memberikan restu pada Anies Baswedan menuju RI satu adalah keliru.

Faktanya, foto tersebut ditemukan pada artikel portal berita Tempo, berjudul "Anies Baswedan dan Istri Jenguk Ani Yudhoyono di Singapura" yang terbit pada 1 Maret 2019 silam.

Baca Juga: Potret Truk Pengangkut BBM Jadi Sorotan Saat di SPBU, Ini Penyebabnya

Potret SBY dan Anies Baswedan berjabat tangan diambil saat Anies bersama istrinya, Fery Farhati, menjenguk Ibu Ani Yudhoyono yang dirawat di National University Hospital Singapura pada 1 Maret 2019.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar