alexametrics

Rela Tutup Toko Demi Vaksin, Pedagang PS Tanah Abang Cekcok dengan Nakes

Agung Sandy Lesmana | Yaumal Asri Adi Hutasuhut
Rela Tutup Toko Demi Vaksin, Pedagang PS Tanah Abang Cekcok dengan Nakes
Salah satu pedagang yang terlibat cekcok mulut dengan petugas di Pasar Tanah Abang saat cek kesehatan penerima vaksin Covid-19. (Suara.com/Yaumal)

"Saya mengantre dua jam, tiba-tiba diminta bubar, saya sudah ninggalin toko saya juga."

Suara.com - Proses screening calon penerima vaksin Covid-19 di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat diwarnai adu mulut antara pedagang dan petugas kesehatan, Selasa (16/2/2021).

Berdasarkan pantauan Suara.com, adu mulut berawal ketika salah satu petugas keamanan mengatakan bahwa proses screening sudah ditutup pada pukul 11.30. Padahal diluar ruangan screening  masih terdapat  antrean panjang.

Karena tidak terima diminta untuk bubar,  adu mulut antara petugas kemanan dan pedagang pun tak terhindarkan.

Salah satu pedagang, Dewi,  mengaku telah antre selama dua jam.

Baca Juga: Besok Vaksinasi Covid-19, Nakes Cek Kesehatan Pedagang Pasar Tanah Abang

"Saya sudah berdiri dua jam lebih, terus pas kami mau masuk diminta untuk bubar, kan tidak benar dong.  Kami semua sudah dua jam ngantrenya, kaki sudah pegel. Masa sampai sini dia bilang sudah tutup," kata Dewi kepada Suara.com, Selasa (17/2/2021).

Kekesalan Dewi dan pedagang lainnya bukan tanpa alasan, sebab mereka harus meninggalkan tokohnya guna mengikuti proses screening vaksin Covid-19.

"Saya mengantre dua jam, tiba-tiba diminta bubar, saya sudah ninggalin toko saya juga," kata salah satu pedagang yang enggan disebut namanya.

Seperti pemberitaan sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan mulai melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua dimulai dari Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (17/2/2021).

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. MARS mengatakan pedagang termasuk dalam kelompok profesi yang sangat rawan terpapar covid-19 dalam kegiatan sehari-hari di pasar, sehingga harus segera divaksin.

Baca Juga: Tempat Kerumunan, Ini 2 Lokasi Vaksinasi Covid di Pasar Tanah Abang Besok

"Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini akan dimulai kepada pedagang pasar yang menjadi pilot project di DKI Jakarta yaitu di Pasar tanah abang pada hari Rabu 17 Februari 2021," kata Maxi dalam jumpa pers virtual, Senin (15/2/2021).

Komentar